Dark
Light
Today: July 24, 2024
8 years ago
55 views

Kapolsekta Abepura Larang KNPB Aksi di Lapangan Trikora

Kapolsekta Abepura Larang KNPB Aksi di Lapangan Trikora
Polsekta Abepura. Foto: HarianPapua
Jayapura, Tabloid-Wani — Kapolisian Sektor Kota (Kapolsekta) Abepura, Kompol Arnolis Korowa Meminta Komite Nasional Papua Barat (KNPB) untuk tidak melakukan aksi Doa Bersama dan Pesta Rakyat di Lapangan Trikora Abepura dan meminta KNPB untuk mencari tempat lain.

“Saya sudah lakukan pertemuan dengan Ketua KNPB Kota Jayapura. Dalam pertemuan tersebut kami meminta untuk mencari lokasi lain karena, Lapangan Trikora adalah tempat berolahraga, bukan tempat bakar batu. ” Kata Korowa, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/07/2016).

Lanjut Korowa, acara syukuran bakar batu tidak tepat jika dilakukan di lapangan bola tersebut, pasalnya dalam prosesi bakar batu yang dipersiapkan adalah menggali tanah untuk sarana bakar batu , selanjutnya batu itu sendiri dan kayu bakar, sehingga jika sarana tersebut dilakukan di lapangan bola maka sangat tidak relevan.

“Silahkan dilakukan di tempat lain, di Expo Waena misalkan,” ucap Kapolsekta.

Selain itu, katanya, Kapolda Papua telah mengeluarkan maklumat yang berisi aturan yang melarang aksi KNPB hingga pengancaman pengenaan pasal Makar.

“KNPB ini tidak terakomodir dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, sehingga organisasi semisal KNPB dan sejenisnya dilarang oleh negara kita, dan saksi tegas menurut undang undang makar akan dikenakan dalam aksi mereka,” kata Kapolsekta lagi.

Disinggung terkait aksi yang akan terlaksana besok, Kapolsek mangatakan, bahwa pihak aparat kepolisian tidak akan memberikan ruang lebih kepada KNPB.

“Kita lihat itu, dan tidak akan kita biarkan mereka melebarkan sayap dan meluas, kalau aksi di Expo, ya di Expo saja, tidak kemana-mana,” ujarnya. Berdasarkan informasi yang dihimpun, besok rencananya kelompok KNPB akan menggelar aksi doa dan syukur guna mendukung United Leberation Movement of West Papua (ULMWP) untuk masuk menjadi anggota penuh Melannesian Spearhead Group (MSG) dalam pertemuan di Honiara, 14-16 Juli 2016 mendatang.

Copyright ©TheJournalPapua


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.