Dark
Light
Today: July 25, 2024
8 years ago
62 views

Kasus HAM Papua, Presiden Jokowi Dianggap Hanya Berikan Janji Tanpa Kelanjutan

Kasus HAM Papua, Presiden Jokowi Dianggap Hanya Berikan Janji Tanpa Kelanjutan
Kantor Komnas HAM RI.
”Presiden tidak punya grand design dan time frame penyelesaian kasus HAM di Papua, sehingga tidak ada proses yang berjalan,” kata dia.

Jayapura, WANI/Jubi – Komisioner Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) Natalius Pigai, kepada Tempo, Kamis (29/9/2016) mengatakan Presiden Indonesia, Jokowi hanya memberi janji untuk menyelesaikan kasus HAM di Papua tanpa ada kelanjutannya.
”Presiden tidak punya grand design dan time frame penyelesaian kasus HAM di Papua, sehingga tidak ada proses yang berjalan,” kata dia.
Pernyataan Natalius ini menanggapi pernyataan enam negara Pasifik dalam sidang majelis Umum PBB tentang situasi HAM di Papua. Menurutnya, negara-negara Pasifik ini lebih peka melihat Papua.

Baca terkait isu Papua di PBB:
Ia pun mengingatkan Indonesia agar tidak meremehkan negara-negara Pasifik yang mengangkat isu HAM Papua di tingkat internasional.
Presiden Jokowi, tampaknya tidak peka terhadap persoalan HAM yang terus melilit hubungan Indonesia dengan orang Papua. Insiden Paniai yang menewaskan empat orang siswa di awal Desember 2016 bisa menjadi salah satu contoh ketidakpekaan Presiden Indonesia ini.
Saat berkunjung ke Papua pada Mei 2015, Presiden Jokowi tak bisa menjawab pertanyaan wartawan mengenai kelanjutan penuntasan insiden Paniai ini. Ditanya dua kali dalam kesempatan berbeda, jawaban Presiden Jokowi tetap sama, “akan dijawab nanti.”
“Nanti setelah ini jawabannya, urusan ini dulu (pemberian grasi-red)” kata Presiden Jokowi ketika ditanyakan tentang penyelesaian kasus Paniai oleh Jubi, dalam sesi tanya jawab dengan wartawan ketika pemberian grasi pada lima tahanan politik Papua di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Abepura, Jayapura, Sabtu (9/5/2015).
Usai pemberian grasi kepada lima tahanan politik Papua, pertanyaan yang sama diajukan lagi oleh Jubi dalam wawancara tersendiri kepada Presiden Jokowi.
“Jawabannya nanti, jangan sekarang saya jawab. Kalau sekarang saya jawab, nanti pemberian grasi ini “tenggelam”,” ujar Presiden Jokowi. (*)

Copyright ©Tabloid JUBI

Leave a Reply

Your email address will not be published.