Dark
Light
Today: July 25, 2024
8 years ago
92 views

Pertemuan PIF Hari ini Diperkirakan akan Membahas Tetang Situasi Papua

Pertemuan PIF Hari ini Diperkirakan akan Membahas Tetang Situasi Papua
Pimpinan Pasifik saat foto bersama dalam Forum di Pohnpei, Negara Federasi Mikronesia 09/09/2016.
Foto: www.twitter.com/ForumSEC

Pohnpei, Tabloid-WANI — KTT Forum Kepulauan Pasifik hari ini akan mengadakan sidang paripurna di Negara Federasi Mikronesia.

Forum Kepulauan Pasifik (PIF) adalah pengelompokan dari 16 degara yang merdeka dan yang mengatur pemerintahan sendiri.

Pertemuan tahunan ini diperkirakan akan membahas terkait peningkatan keanggotaan dua teritorial Perancis ke daftar dekolonisasi PBB.

Kedua wilayah tersebut adalah Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis yang telah bersaing selama bertahun-tahun dan akan diberikan keanggotaan penuh, sejak organisasi ini dimaksudkan hanya untuk negara-negara yang merdeka.

Fiji diterima kembali dalam Forum ini dua tahun yang lalu tetapi perdana menteri tidak menghadiri KTT selama Australia dan Selandia Baru tetap dalam anggota Forum.

Presiden Polinesia Prancis, Edouard Fritch (tengah) bersama Presiden Kaledonia Baru, Philippe Germain (kiri) dan ulu dari Tokelau, Afega Gaualofa (kanan). Foto: Kepresidenan Polinesia Prancis

Pertemuan ini juga diperkirakan akan membahas tetang situasi yang terjadi di Papua, yang mana Papua saat ini dalam kekhawatiran negara-negara Kepulauan Pasifik terkait pelanggaran HAM yang terus-menerus hingga kini masih sedang berlangsung.

Para pemimpin Forum diperkirakan akan membahas terkait isu Papua yang belum terselesaikan atau ditunda saat puncak pertemuan tahun lalu di Papua New Guinea.

Pada pertemuan puncak tahun lalu, para pemimpin Forum memutuskan untuk meminta Indonesia agar PIF dapat mengirim tim misi pencari fakta Papua.

Sekjen PIF Dame Meg Taylor mengatakan, kami sudah memutuskan dan meminta Indonesia agar mengizinkan misi pencari fakta

Namun Sekjen PIF Dame Meg Taylor mengatakan, Jakarta tidak mengizinkan misi pencari fakta, karena ide pengiriman tim misi pencari fakta tidak dapat diterima.

Pertemuan PIF Hari ini Diperkirakan akan Membahas Tetang Situasi Papua
Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik (PIF), Dame Meg Taylor mengatakan Papua Barat adalah isu yang sensitif. Foto: AFP

Dua hal lainnya adalah tawaran ULMWP untuk menjadi keanggotaan PIF dan permintaan dukungan untuk Papua Barat dimasukkan pada daftar Dekolonisasi PBB yang dikenal sebagai C24.

Baca berikut ini:

  1. Sekjen PIF: Isu Papua Barat akan Menjadi Agenda PIF dalam Minggu ini di FSM
  2. Sekjen PIF : Australia Dan Selandia Baru Sangat Menyadari Tentang Isu Papua
  3. Legislator Papua: Kasus Paniai Gagal Diselesaikan, Alangka Baiknya Berikan Kesempatan Kepada PIF

Posted by: ERIK
Copyright ©RadioNz


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.