Dark
Light
Today: July 25, 2024

Sidang Perdana Ketua KNPB wilayah Timika Steven Itlay Dilaksanakan

Sidang Perdana Ketua KNPB  wilayah Timika Steven Itlay Dilaksanakan
Saat sidang berlangsung di dalam ruangan pengadilan negeri (PN) Timika 22/09/2016.

Timika, Tabloid-WANI — Sidang perdana Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Timika Steven Itlay telah dilaksanakan di pengadilan Negeri (PN) Timika pada hari Rabu 22/09/2016. Proses persidangan ini dimulai sekitar Jam 9:45 hingga selesai pada Jam 15:45 WIT. Sidang dilalui dengan pembacaan dakwaan dan pemeriksaan saksi Ketua KNPB wilayah Timika Steven Italy.


Persidangan ini dikawal ketat oleh aparat TNI, Polri, Brimob dan Densus88 bejumlah sekitar 250 personil di dalam dan luar ruang sidang. Sebagian besar rakyat Papua di Timika yang datang ke Pengadilan Negeri untuk menyaksikan tidak sempat masuk ke ruangan karena dijaga ketat oleh aparat.

Lihat ini: Masa Tahanan Ketua KNPB Mimika (Steven Itlay) Diperpanjang

Ratusan rakyat Papua menyaksikan persidangan terbuka ini, namun tidak sempat untuk turut menyaksikan. Hal ini menunjukan seakan sidang ini tertutup dan masyarakat yang hadir kecewa dengan tindakan para aparat yang mentup ruangan ini.

Dalam persidangan ini, jaksa siapkan (6) orang saksi diantaranya, (3) orang anggota polisi yakni Yoman, Sudirman dan Daud (Intelkam) serta (3) orang dari KNPB yaitu Sem Ukago, Yanto Awerkion dan Yus Wenda.

Sidang yang di jaga ketat oleh aparat TNI, Polri, Brimob dan Densus88 ini telah berjalan dengan lancar.

Sidang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2016 di pengadilan negeri Timika.

Sidang Perdana Ketua KNPB  wilayah Timika Steven Itlay Dilaksanakan
Polisi yang menjaga sidang Steven Itlay.

Tentang Penangkapan Steven


Kapolres Timika tetapkan Steven Itlay sebagai dengan tuduhan Makar dan penghasutan, Itlay menjalani masa tahanan lima bulan tiga Minggu di trali besi.

Steven Itlay ditangkap ketika KNPB bersama rakyat Papua di wilayah Timika mengadakan Ibadah dukungan doa di halaman gereja Golgota SP 13 distrik Kuala kencana Kabupaten Mimika. Maksut diadakan aksi dukungan doa ini agar oraganisasi perwakilan Papua yakni Gerakan Persatuan Pembebasan West Papua (ULMWP) dapat diterima dalam grup organisasi negara-nagara Melanesia Melanesian Spearhead Group (MSG).

Posted by: Melsedik Yogi
Copyright ©Tabloid WANI

Leave a Reply

Your email address will not be published.