Dark
Light
Today: July 25, 2024
8 years ago
66 views

Kapolda Papua Tegaskan Organisasi KNPB Tak Punya Dasar Hukum

Kapolda Papua Tegaskan Organisasi KNPB Tak Punya Dasar Hukum
Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw.
Timika, Tabloid-WANI – Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw menegaskan, keberadaan organisasi dengan nama Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tak memiliki dasar hukum dan tak terdaftar secara resmi.
Kapolda mengatakan, organisasi tersebut tak memiliki tujuan yang sebagaimana diatur dalam rambu-rambu atau hukum negara. Organisasi ini melawan pemerintah dan menginginkan merdeka. Jadi, dalam segala hal yang menjadi pikiran dan aspirasi organisasi ini pastinya ditolak aparat.
“Kami ini aparat negara, perpanjangan tangan dari negara. Apabila ada anak-anak bangsa ini yang tidak sejalan dengan pikiran dan tujuan negara, pasti kami batasi. Ini sudah menjadi tanggung jawab kami,” kata Kapolda di Timika, Jumat (7/10/2016).
Sementara menyangkut dengan Maklumat Kapolda terkait dengan penyampaian pendapat di muka umum, kata Kapolda, itu dikeluarkan pada tanggal 1 Juli 2016. mengemukakan pendapat di muka umum itu hak seseorang. Namun, hak itu dibatasi dengan kewajiban. Karena itu, setiap warga negara harus paham tentang kewajibannya, yakni menjaga kelancaran, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat sehingga tidak boleh melakukan sesuatu dengan sesuka hati.
“Banyak persyaratan kewajiban di situ, di antaranya yang harus dia jaga adalah keutuhan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia,” tuturnya.
Ia mengungkapkan, apabila dikembalikan kepada KNPB yang tujuannya untuk merdeka, tidak akan pernah aparat memberikan ruang dalam menyampaikan aspirasi. Ia melanjutkan, ini bagian dari upaya penegakan aturan hukum.
“Kami tidak akan berikan izin, selama organisasi ini tidak seide dan sejalan dengan kepentingan negara, bangsa, dan masyarakat,” tegasnya.

Copyright ©OkeZone

Leave a Reply

Your email address will not be published.