Dark
Light
Today: July 22, 2024
7 years ago
85 views

1,8 Juta Petisi untuk Kemerdekaan West Papua telah Dipresentasikan Kepada PBB

1,8 Juta Petisi untuk Kemerdekaan West Papua telah Dipresentasikan Kepada PBB
Pemimpin Kemerdekaan West Papua, Juru bicara ULMWP, Benny Wenda. Photo: RNZI/ Koroi Hawkins.

New York — Sebuah petisi dengan tanda tangan 1,8 juta rakyat West Papua di Indonesia telah dipresentasikan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat (AS), untuk menuntut sebuah pemungutan suara yang diawasi secara internasional untuk kemerdekaan Papua.

Pemimpin kemerdekaan West Papua yang diasingkan Benny Wenda mempresentasikan dokumen tersebut ke Komite Dekolonisasi PBB atau C24, yang merupakan komite khusus mengenai dekolonisasi, pada hari Selasa (27/09/2017).

Baca ini: (Buchtar Tabuni, Petisi Manual : Permohonan Bangsa Papua Kepada PBB)

Dr Jason MacLeod dari University of Sydney adalah seorang pakar West Papua yang baru saja kembali dari wilayah Indonesia untuk memverifikasi petisi tersebut.

Dia mengatakan bahwa ini adalah representasi yang adil dan akurat dari keinginan rakyat West Papua dan PBB untuk harus memperhatikannya.


“Mereka punya dua pilihan, mereka dapat mendaftarkan West Papua kembali ke dalam Komite Dekolonisasi PBB atau mereka dapat menekan pemerintah Indonesia untuk mengadakan referendum. Salah satu dari dua hal tersebut benar-benar perlu terjadi.”

Free West Papua Campaign mengatakan, 1,8 juta orang yang menandatangani petisi tersebut menguasai lebih dari 70 persen populasi wilayah Papua.

Baca berikut ini:

  1. Benny Wenda Menyerahkan Petisi Rakyat West Papua Kepada Jeremy Corbyn
  2. Petisi Kemerdekaan West Papua Menuju PBB

Posted by: Admin
Copyright ©Radio NZ | Tabloid WANI “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.