Dark
Light
Today: July 21, 2024
7 years ago
40 views

Indonesia Siap Bantu Samoa dengan Pelatihan Teknis

Indonesia Siap Bantu Samoa dengan Pelatihan Teknis
 Pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Samoa, Tuilaepa Sailele Malielegaoi di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB – Foto: Dok.Kemenlu RI.

New York — Kawasan Pasifik Selatan kerap dianggap remeh dan tertinggal. Tetapi Pemerintah Indonesia menunjukkan komitmen kuat untuk kawasan itu.

Samoa menjadi salah negara yang menjadi perhatian untuk dilakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

“Indonesia memiliki komitmen untuk memperkuat hubungan bilateral yang saling menguntungkan dan saling menghormati dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan termasuk Samoa,” tegas Menlu Retno usai pertemuan bilateral dengan Menlu Samoa, Tuilaepa Sailele Malielegaoi, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di New York, Amerika Serikat, Senin 18 September 2017 atau Rabu 19 September waktu Indonesia.

Menurut Menlu Retno, peningkatan kerja sama bilateral dengan Samoa dapat difokuskan pada sektor pertanian, perikanan, pariwisata dan penanganan bencana alam. Lebih lanjut, kedua Menlu juga membahas mengenai kerja sama peningkatan kapasitas dalam bidang informasi, komunikasi, dan teknologi.

“Indonesia siap membantu Samoa dengan memfasilitasi berbagai pelatihan teknis dan peningkatan kapasitas dalam bidang informasi, komunikasi dan teknologi,” tutur Menlu Retno, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri, yang diterima Metrotvnews.com, Selasa 19 September 2017.

Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu juga menyambut baik kunjungan beberapa pejabat tinggi Samoa ke Indonesia baru-baru ini antara lain Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa, Leuatea Polataivao Fossie Schmidt Laauli, dan Menteri Komunikasi, Informasi dan Teknologi Samoa, Afanasaga Lepuiai Rico Tupai.

Secara khusus, Menlu Retno mengapresiasi kehadiran Menteri Tupai dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, dan jalan sehat dalam rangka ulang tahun Kementerian Luar Negeri.

“Perlunya pertemuan antara pejabat tinggi kedua negara, yang diharapkan akan mendorong kerja sama di berbagai sektor khususnya perdagangan dan investasi,” pungkas Menlu.

Pada pertemuan tersebut, Menlu perempuan pertama RI itu menyampaikan pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap pada Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020. “Menlu Samoa melihat Indonesia sebagai negara yang memainkan peranan aktif dan berkontribusi menjaga perdamaian di kawasan maupun dunia,” sebut Menlu Retno memaparkan tanggapan Menlu Samoa.

Selain itu, Menlu RI juga menekankan pentingnya hubungan antar masyarakat dalam mendorong peningkatan kerja sama Indonesia dengan Samoa. Hal ini bisa diperluas dengan mengundang generasi muda Samoa untuk berpartisipasi dalam program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia.

“Program ini akan membantu peningkatan rasa saling memahami tidak hanya antara generasi muda Indonesia-Samoa, tetapi juga generasi muda di kawasan,” tambah Menlu Retno.

Copyright ©MetroTv NEWS “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.