Dark
Light
Today: July 20, 2024
7 years ago
75 views

West Papua Mengucapkan Selamat Merayakan HUT Kemerdekaan PNG

Kepada Papua New Guinea,

Atas nama Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP) dan rakyat West Papua, saya ingin mengucapkan selamat merayakan Hari Kemerdekaan Anda.

West Papua Mengucapkan Selamat Merayakan HUT Kemerdekaan PNG

Sebagai satu keluarga Melanesia dari satu tanah leluhur, kami rakyat West Papua selalu merayakan Hari Kemerdekaan Papua Nugini karena kami semua adalah Satu bangsa. Sebelum kekuatan kolonial menarik garis buatan ke negara kita, kita adalah satu tanah, Satu Tumbuna.

Di negara kembar PNG dan West Papua, kita harus banyak dibanggakan. Kami adalah rumah bagi 15% bahasa dunia dan hutan hujan terbesar kedua. Kami adalah pulau terbesar kedua di dunia dan kami bergabung secara tak terpisahkan di tengahnya. Sebenarnya, hewan dapat menyeberang dari Sorong di ujung barat West Papua sampai ke Samarai di ujung timur PNG tapi sekarang kita tidak dapat bergerak dengan bebas dan berada di bawah ketakutan terus-menerus akan penindasan militer Indonesia. Situasi di West Papua semakin memburuk dan kita sangat membutuhkan dukungan dari para penjaga penjara PNG.

Di PNG dan West Papua, kita memiliki sejarah untuk berdiri satu sama lain sebagai wantoks dan saling memandang satu sama lain, melawan rintangan. Kita tidak akan pernah membiarkan tanah kita ditempati oleh penjajah. Kami, rakyat West Papua berharap semua orang di PNG dapat merayakan Hari Kemerdekaan yang aman dan damai dan suatu saat hari dimana kami akan merayakan Hari Kemerdekaan West Papua bersama juga.

Ingat, kita adalah negara kembaran, bergabung di tengah. Jika Anda terkena di satu sisi, Anda bisa merasakan rasa sakit di sisi lain dan kami tahu bahwa keluarga PNG kami merasakan sakitnya West Papua.

Orang Melanesia tumbuna kita, nenek moyang kita selalu menangis atas penderitaan rakyat kita. Kita tahu bahwa mereka memperhatikan kita dengan air mata di mata mereka, menyaksikan setiap generasi orang West Papua tumbuh dalam ketakutan, hanya untuk ditembak mati oleh militer Indonesia. Sepanjang waktu, kami berdoa agar saudara dan saudari kita yang terkasih di PNG akan mendengar teriakan kita untuk kebebasan dan membantu orang-orang kita dan membantu mengembalikan tanah leluhur kita bersama-sama yang dicuri oleh kekuatan kolonial Indonesia di Indonesia.

Kami sangat bersyukur atas dukungan yang luar biasa dan solidaritas Melanesia yang sejati dari masyarakat Papua Nugini. Kita tahu bahwa semua orang PNG bersama kita dalam perjuangan kita untuk menentukan nasib sendiri dan kebebasan. Ini adalah perjuangan Papua New Guinea sama seperti perjuangan West Papua dan kita tahu bahwa keluarga PNG kita tidak akan melupakan kita tapi akan terus mendukung kita dan terus berjalan bersama kita menuju jalan yang panjang menuju kebebasan.

Suatu hari kita semua akan merayakan Hari Kemerdekaan West Papua dengan damai dan akhirnya kita sebagai Satu Orang akan benar-benar mandiri dan bebas.

Semoga Tuhan memberkati West Papua dan Papua Nugini.

Selamat Hari Kemerdekaan untuk kalian semua!

Benny Wenda
 

Pemimpin kemerdekaan West Papua dan Juru Bicara Persatuan Gerakan Pembebasan untuk West Papua (ULMWP) 

Posted by: Admin
Copyright ©Benny Wenda | Tabloid WANI “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.