Dark
Light
Today: July 18, 2024
7 years ago
53 views

Fiji dan Indonesia tandatangani MoU Kerjasama Pertahanan

Fiji dan Indonesia tandatangani MoU Kerjasama Pertahanan
 Penandatangan Memorandum of Understanding kerjasama bidang Pertahanan antara Menteri Pertahanan dan Keamanan Nasional Fiji, Yang Mulia Ratu Inoke Kubuabola dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu – Photo: courtesy of Fijian Government.

Jakarta — Menteri Pertahanan dan Keamanan Nasional Fiji, Yang Mulia Ratu Inoke Kubuabola menandatangani Memorandum of Understanding kerjasama bidang Pertahanan atas nama Pemerintah Fiji dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Menteri Kubuabola menyampaikan apresiasinya atas bantuan dan dukungan konsisten Indonesia di masa lalu, kemudian menekankan bahwa penandatanganan MoU tersebut tidak hanya tepat waktu dan sangat relevan dengan kebutuhan Fiji di masa depan, namun juga berperan penting dalam memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara ini.

Baik Fiji maupun Indonesia telah menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat dan memperluas kerja sama di bidang pertahanan dengan prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, saling menghormati dan saling percaya.

Baca juga:

  1. Menteri Pertahanan Indonesia Minta Fiji Ajak Negara Pasifik Tolak ULMWP Masuk MSG
  2. Menteri Pertahanan Indonesia Ancam Solomon Islands Soal Papua Dipertanyakan

Kedua Menteri tersebut bertemu dan bertukar pandangan dan informasi tentang kebijakan dan program untuk mempromosikan kerja sama bilateral di bidang pertahanan dan secara khusus melalui dialog dan konsultasi reguler, program pengembangan kapasitas, serta riset bidang pertahanan dan militer. Operasi penjaga perdamaian regional juga diharapkan bisa semakin kuat melalui kerja sama ini.

Yang Mulia Menteri Kubuabola kemudian menyimpulkan pertemuan itu dengan mengundang Menteri Ryamizard Ryacudu untuk mengunjungi Fiji untuk Dialog Bilateral Pertama dalam Kerjasama Pertahanan itu.(Pernyataan Pers Pemerintah Fiji/Elisabeth C. Giay).

Baca ini: Pemimpin Oposisi Fiji Mengecam PBB atas Petisi West Papua

Copyright ©Tabloid JUBI “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.