Dark
Light
Today: July 21, 2024
5 years ago
53 views

Pertemuan Menlu PIF di Fiji, West Papua Masuk dalam “Isu Kunci”

Menteri luar negeri Vanuatu, Ralph Regenvanu pada pertemuan para menteri luar negeri Forum Kepulauan Pasifik di Suva, Fiji pada hari Jumat. Foto: Sekretariat Forum Kepulauan.

SUVA, Fiji – Menteri-menteri senior pemerintah telah menyetujui dua strategi utama menuju pertemuan Forum Kepulauan Pasifik bulan depan di Tuvalu.

Para menteri ekonomi kawasan telah mendukung Fasilitas Ketahanan Pasifik yang diusulkan, sementara para menteri luar negeri menyetujui pengembangan strategi baru untuk jangka panjang.

Fasilitas ketahanan diharapkan untuk fokus pada kesiapsiagaan dari peristiwa-peristiwa seperti bencana dan perubahan iklim, sebuah tanggapan terhadap panggilan untuk platform keuangan yang dapat diakses yang disesuaikan dengan kebutuhan ekonomi Pasifik.

Sementara itu, para menteri luar negeri menyetujui berbagai rekomendasi yang akan disajikan dalam bahasa Tuvalu, termasuk pengembangan rencana jangka panjang di masa depan, yang disebut ‘Strategi 2050 untuk Benua Biru Pasifik’.

Pertemuan Menlu PIF di Fiji, West Papua Masuk dalam "Isu Kunci"
News update, pertemuan Menteri Luar Negeri Forum Kepulauan Pasifik (PIF)

Isu-isu kunci lain yang dipertimbangkan termasuk perubahan iklim, keamanan regional, tata kelola laut dan pelanggaran hak asasi manusia di West Papua.

Selanjutnya, pertemuan pemimpin PIF dijadwalkan di Tuvalu, akan dimulai pada 13 Agustus 2019.

Posted by: Admin
Copyright ©Radio New Zealand | PINA “sumber”
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.