Dark
Light
Today: July 27, 2024
8 years ago
65 views

Perdana Menteri Israel Serukan Hubungan Kerja Sama Dengan Indonesia

Perdana Menteri Israel Serukan Hubungan Kerja Sama Dengan Indonesia
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan pengunjung delegasi Indonesia di Kantor Perdana Menteri di Yerusalem pada 28 Maret 2016. (Haim Tzach, GPO)

Tabloid-WANI — PM meminta wartawan Indonesia saat mengunjunginya untuk menetapkan link diplomatik dengan negara muslim terbesar dunia akan membuka peluang perdagangan besar.

Israel semakin melirik ke arah Timur untuk keamanan dan perdagangan kerjasama, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu Senin menyerukan pembentukan hubungan diplomatik secara resmi dengan negara muslim yang paling padat penduduknya di dunia, Indonesia.

“Sudah waktunya hubungan menjadi resmi antara Indonesia dan Israel. Kami memiliki banyak peluang kerjasama bilateral, khususnya di bidang teknologi air dan teknologi tinggi,” katanya kepada delegasi wartawan Indonesia yang mengunjunginya pada hari Senin.

Menghancurkan hubungan dengan Indonesia dan penduduknya dari sekitar 250 juta umat Islam akan menjadi kudeta utama untuk Netanyahu dan upayanya untuk membina hubungan yang lebih dalam dengan negara-negara Arab moderat dan kekuatan ekonomi Asia. Namun, Jakarta adalah pendukung setia Palestina dan tidak berpikir untuk mempertimbangkan menaikkan hubungannya dengan Yerusalem.

Netanyahu mengatakan pembinaan hubungan akan datang sebagai bagian dari pergeseran kesetiaan didorong oleh upaya anti-teror dan faktor ekonomi, menumbuhkan ikatan rahasia antara Israel dan dunia Arab.

“Sudah waktunya untuk mengubah hubungan kami, karena alasan mencegah tidak lagi relevan,” katanya, menambahkan bahwa Yerusalem dan Jakarta adalah “sekutu” terhadap ancaman terorisme.

Perdana menteri mengatakan kepada delegasi yang mengunjungi Israel sebagai tamu dari Kementerian Luar Negeri. “Saya punya beberapa teman facebook dari Indonesia”

Awal bulan ini, Wakil Menteri Luar Negeri, Tzipi Hotovely mengatakan kepada anggota Knesset bahwa Israel memiliki hubungan rahasia dengan Jakarta, saat membela keputusan Yerusalem untuk memblokir menteri luar negeri Indonesia memasuki Tepi Barat karena dia tidak berencana untuk mengunjungi Yerusalem selama kunjungannya ke wilayah tersebut.

Retno Lestari Priansari Marsudi telah dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri PA Riyad al-Maliki untuk meresmikan sebuah konsulat kehormatan di Ramallah, namun terpaksa memindahkan pertemuan ke Amman.

Marsudi tidak berhasil mengunjungi Ramallah ia datang seminggu setelah Indonesia menyelenggarakan Summit Organisasi Luar Biasa 5 dari Summit Islam Kerjasama Palestina dan Al-Quds Al-Sharif yang membahas kemungkinan memboikot produk-produk Israel yang dibuat di Tepi Barat.

Hotovely mengatakan kepada anggota Knesset bahwa seorang pejabat senior Israel melakukan perjalanan ke Indonesia menjelang kunjungan dalam upaya untuk mengkoordinasikan perjalanan dan mencegah baris publik.

Meskipun hubungan diplomatik belum resmi, Hotovely mengungkapkan kedua negara mempertahankan hubungan bilateral rahasia “pada berbagai isu.”

“Ada kontak rahasia dengan Indonesia, yang kita tidak memiliki hubungan diplomatik, dan ada pemahaman yang rusak dan jadi kami menutup jalan masuk,” kata Hotovely. “Ini adalah pelanggaran protokol diplomatik, dan yang paling terhormat untuk dilakukan adalah untuk menghormati protokol, sehingga ketika Indonesia diam, mereka tidak terkejut bahwa anda baru saja mengunjungi [Otoritas Palestina].”

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dan Israel telah menandatangani sejumlah perjanjian perdagangan yang bertujuan untuk mendorong arus barang antara kedua negara.

Indonesia mengekspor lebih dari $ 100 juta (NIS 387 juta) senilai barang ke Israel pada tahun 2015 dan impor hampir $ 80.000.000 (NIS 310 juta) di barang-barang dari Israel, menurut Jakarta Post.

Menurut 2014 jajak pendapat BBC, sekitar 75 persen penduduk Indonesia memegang pandangan negatif dari Israel.

Raphael Ahren dan Raoul Wootliff kontribusi untuk laporan ini.

Copyright ©Papuajournal


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.