Dark
Light
Today: July 27, 2024
8 years ago
55 views

Indonesia Takut Kehilangan Papua, jika ULMWP Menjadi Anggota Penuh di MSG

Kepanikan Indonesia Terkait ULMWP Menjadi Anggota Penuh di MSG Sangat Terlihat Jelas
Perdana menteri Kepulauan SolomonManasseh Sogavare
Canberra, Tabloid-Wani — Indonesia telah memperingatkan para pemimpin MSG, bahwa hal ini berisiko merusak perdagangan dan kesatuan jika mereka “merespon baik” terhadap gerakan kemerdekaan Papua Barat.

Para pimpinam negara-negara wilayah pasifik akan berkumpul di Honiara pekan ini untuk membahas terkait Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat atau United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) untuk menjadi keanggotaan penuh di Melanesian Spearhead Group (MSG).

Langkah ini sangat didukung oleh Perdana Menteri Solomons Manasye Sogavare yang percaya akan memaksa Indonesia untuk berbicara lebih terbuka tentang masa depan kawasan ini.

“Indonesia meninggalkan MSG tidak ada alternatif untuk membawa masalah Papua Barat di atas meja untuk diskusi, kecuali untuk mengangkat status Papua Barat dari status pengamat ke keanggotaan penuh, sehingga para pemimpin MSG dapat dapat membahas isu-isu Papua Barat lebih strategis,” katanya pada bulan Mei.

Baca juga:

Indonesia Mulai Panik ketika Melihat perjalanan ULMWP Menuju Keanggotaan Penuh di MSG

Sumber: http://www.tabloid-wani.com/2016/07/indonesia-mulai-panik-ketika-melihat-perjalanan-ulmwp-menuju-keanggotaan-penuh-di-msg.html

  1. Indonesia Mulai Panik ketika Melihat perjalanan ULMWP Menuju Keanggotaan Penuh di MSG.
Posisi ini didukung oleh pemimpin agama terkenal di Papua Barat Dr. Benny Giay.

Kepanikan Indonesia Terkait ULMWP Menjadi Anggota Penuh di MSG Sangat Terlihat Jelas
Sade Bimantara

“Papua tidak percaya orang Indonesia dan orang Indonesia tidak percaya Papua. Itu sebabnya kita perlu pihak ketiga untuk moderat,” katanya kepada Pasifik News. Tapi Indonesia mengatakan meninggikan ULMWP akan mengancam stabilitas regional.

“Melanjutkan praktek mengganggu dan merusak Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP) dalam proses MSG berbahaya bagi persatuan dan integritas,” kata Sade Bimantara dari Kedutaan Besar Indonesia di Canberra.

Dalam sepotong pendapat bernada keras, Mr Bimantara menegaskan (ULMWP) tidak mewakili orang-orang yang benar-benar tinggal di wilayah tersebut (Papua Barat).”

Ini diciptakan untuk mewakili suara dari luar negeri Papua, yang mungkin masih memiliki kewarganegaraan Indonesia dan banyak yang telah meninggalkan kewarganegaraan mereka. Gerakan tidak mewakili hampir empat juta penduduk provinsi Papua dan Papua Barat dari Indonesia,” tulisnya. 
Dia mengatakan para pemimpin Melanesia perlu berhati-hati tentang mendukung kelompok yang memiliki” agenda tunggal mengambil wilayah jauh dari sebuah negara berdaulat”.

Pesan yang mungkin beresonansi dengan Fiji dan Papua New Guinea, yang memiliki hubungan tumbuh dengan Indonesia.

“Kami menghormati integritas dan kedaulatan Indonesia di bawah hukum internasional,” kata Fiji Menteri Luar Negeri Ratu Inoke Kubuabola.

Copyright ©pasifik.news


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.