Dark
Light
Today: June 13, 2024

Kronologi Penembakan Otianus Sondegau oleh Brimob di Intan Jaya

Kronologi Penembakan Otianus Sondegau oleh Brimob di Intan Jaya
Ilustrasi: Penembakan yang dilakukan Aparat Indonesia terhadap orang Papua

Intan Jaya, Tabloid-WANI — 27 Agustus 2016, di kampung Sugapa, kabupaten Intan Jaya Papua terjadi bentrok antara TNI/POLRI dan Masyarakat setempat. Dalam peristiwa ini sebagian masyarakat mengalami luka tembakan dan satu diantaranya tewas atas nama Otianus Sondegau (Pelajar) oleh Brimob Kompi C Biak. Situasi di kabupaten Intan Jaya saat ini memanas dan belum kondusif.

Kornologi singkat Penembakan Otinus Sondegau

Pukul 11.30 siang WIT, di pertengahan jalan pulang menujuh rumah, si korban bersama ke-5 orang teman-nya di hadang oleh aparat Brimob kompi C biak, yang sedang bertugas di Kabupaten Intan Jaya. Disitu terjadi adu mulut antara lima orang (termasuk korban) dengan oknum anggota Brimob. Tidak lama kemudian, aparat Brimob langsung mengambil tindakan dengan kekerasan dan terjadi saling lempar batu.

Oknum anggota Brimob kemudian langsung menembak secara membabi buta sehingga empat orang teman-nya melarikan diri. Dua orang menyelamatkan diri ke arah Jalae dan dua dua orang lain-nya melarikan diri ke-arah yang belum di ketahui tempat-nya, kemudian korban Otianus Sondegau melarikan diri ke arah belakang Bank Papua. Tujuanya mengambil panah di rumah Yogasiga, namun aparat brimob mengejar-nya dan menembak korban dari jalan hingga sampai di depan rumah si korban, dan Otianus Sondegau mengalami empat (4) luka tembakan yang bersarang di tubuh-nya.

Akhirnya si korban menerima tima panas aparat brimob pada bagian dada sebelah kanan dan punggung belakang hingga tewas (meninggal) serangan aparat brimob.

Otianus Sondegau menghembuskan nafas terakhirnya persis di depan rumahnya sendiri.

Mendengar kejadian tersebut, keluarga korban datang dan membakar kantor polsek Intan Jaya, hingga semua ludes terbakar. Situasi di intan jaya sedang memanas dan dalam keadaan darurat HAM.

Saat ini jenasa korban Otianus Sondegau, di bawah oleh keluarga korban dan di semayamkan di rumah kediaman Bupati Kabupaten Intan Jaya untuk meminta pertanggung jawaban bupati serta aparat brimob yang ada di Intan Jaya, Papua.

Baca juga: (1 Pemuda Tewas Ditembak oleh Brimob, Warga Ngamuk dan Bakar Polsek di Intan Jaya Papua)

Masyarakat Intan Jaya juga mendesak dan meminta Gubernur, DPRP Provinsi, Kapolda Papua, Polres Paniai dan Bupati Intan Jaya agar turun secepatnya di Intan Jaya, agar konflik ini tidak berkepanjangan.

Masyarkat meminta agar anggota brimob sebagai pelaku pembunuhan terhadap Otianus segerah di proses secara hukum.

Berikut nama-nama korban tindakan kekerasan oleh brimob:

  1. Otianus Sondegau ( tewas, ditembak)
  2. Nopranus Sondegau
  3. Hanz Belau
  4. Luter Japogau
  5. Masi belum di ketahui identitasnya.

Demikian kronologis sementara yang kami dapatkan terkait penembakan terhadap Otianus Sondegau, dan informasi lebih lengkapnya akan disusul, mohon advokasi semua pihak trima kasih.




Laporan: Melianus Duwitau dan Sarpas Mbisikbo

Editor : Otis Tabuni


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.