Dark
Light
Today: July 27, 2024
8 years ago
107 views

Sekjen PIF: Isu Papua Barat akan Menjadi Agenda PIF dalam Minggu ini di FSM

Sekjen PIF: Isu Papua Barat akan Menjadi Agenda PIF dalam Minggu ini di FSM
Sekretaris Jenderal PIF, Dame Meg Taylor.
Pohnpei, Tabloid-WANI — Laporan dari  Majalah Kepulauan Bisnis, Oleh Nic Maclellan di Pohnpei, Negara Federasi Mikronesia

Isu Papua Barat akan Menjadi Agenda Pacific Islands Forum (PIF) dalam Minggu ini di Pohnpei, Negara Federasi Mikronesia.

Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik (PIF), Dame Meg Taylor, mengatakan Papua Barat adalah isu sensitif bagi beberapa pemerintah di Pacific, tapi satu yang perlu diperdebatkan.

“Ini adalah masalah yang perlu dikejar dan itu tidak akan pergi,” katanya. “Negara kami lebih besar di wilayah seperti Australia dan Selandia Baru menyadari bahwa masalah ini tidak akan pergi tidur -. Dan itu tidak harus pergi tidur, karena sangat penting bagi wilayah kami”
Pada Forum tahun lalu di Port Moresby, Papua Barat adalah salah satu dari lima topik inti yang diusulkan kepada para pemimpin PIF melalui Kerangka Kerja Pacific Regionalisme – mekanisme baru untuk mengembangkan kebijakan regional dan aksi kolektif.
Dalam pemberitahuan akhir dari puncak di Port Moresby, pemimpin Pasifik menegaskan kembali kedaulatan Indonesia atas dua provinsi Papua tapi “menyerukan semua pihak untuk melindungi dan menegakkan hak asasi manusia dari semua warga di Papua dan bekerja untuk mengatasi akar penyebab konflik tersebut dengan cara damai. “
Perdana Menteri PNG Peter O’Neill ditugaskan untuk mendekati Indonesia untuk mengusulkan misi pencari fakta (PIF) ke Papua Barat. Sebagai ketua, O’Neill akan melaporkan hal itu kembali pada pertemuan minggu ini di Pohnpei, tetapi Indonesia telah membuat jelas bahwa misi apapun tidak diterima.
Di Pohnpei, Dame Meg Taylor menegaskan bahwa Kedutaan Besar Indonesia di Suva telah mengatakan kepada Sekretariat PIF bahwa Jakarta tidak akan menyambut delegasi PIF, dan tidak nyaman dengan istilah “fakta.”
Indonesia jelas tidak senang bahwa isu hak asasi manusia sedang terhubung ke pertanyaan yang lebih luas penentuan nasib sendiri, di daerah di mana gerakan kemerdekaan di Kaledonia Baru, Bougainville dan Guam sedang mempersiapkan untuk referendum atau status politik mereka plebisit.
Berbicara setelah pertemuan tingkat menteri di Australia Desember lalu, Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu – mantan Kepala Staf Angkatan Darat – mengatakan bahwa Papua Barat seharusnya tidak menjadi masalah untuk diskusi.
“Ada negara-negara yang terlibat dalam isu Papua. Bagi kami, Papua berada di Republik Indonesia. Tidak ada solusi lain untuk berbicara tentang hal itu. Jadi ini adalah agar semua orang akan tahu bahwa itu tidak perlu dibicarakan. “
Bahkan dengan Forum dibatasi oleh kebijakan dari anggota yang lebih besar seperti Australia, Papua New Guinea dan Fiji, negara-negara lain Kepulauan Pasifik terus mengadvokasi Papua Barat di panggung regional dan internasional.
Pada 2015 saat puncak Melanesian Spearhead Group (MSG), pemimpin Melanesia diberikan keanggotaan asosiasi untuk Indonesia, tetapi juga status pengamat untuk (ULMWP), payung organisasi bagi Papua Barat yang berkampanye untuk menentukan nasib sendiri .
Tawaran ULMWP untuk keanggotaan penuh dari MSG telah diblokir oleh Papua Nugini dan Fiji, meskipun dukungan dari tiga anggota MSG lainnya: Kepulauan Solomon, Vanuatu dan Kaledonia Baru serta Front de Liberation Nationale Kanak et Socialiste (FLNKS).
Di bawah Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare telah memperluas dukungan diplomatik untuk gerakan nasionalis Papua Barat, menyelaraskan dengan pendukung lama seperti Vanuatu dan FLNKS.
Pekan lalu, di sela-sela Konferensi Pemimpin Kepulauan Pasifik (PICL) di Honolulu, Perdana Menteri Sogavare mengadakan pertemuan Koalisi Pasifik untuk Papua Barat (PCWP), pertama kali diusulkan Juli lalu.
Sebagai pemimpin Forum tiba di Pohnpei untuk KTT minggu ini, Sekretaris Umum PIF Taylor mencatat: “Perdana Menteri Kepulauan Solomon telah disebut bersama-sama negara-negara lain yang tertarik dalam mengejar strategi alternatif untuk memastikan bahwa isu-isu yang berkaitan dengan Papua Barat dibangkitkan di tingkat internasional. “
Kepulauan Solomon, Vanuatu dan FLNKS kini bertambah lagi dengan Nauru, Tuvalu, Tonga dan Kepulauan Marshall, yang telah menyatakan dukungan untuk menentukan nasib sendiri dan mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat. PCWP juga termasuk (PIANGO), mencerminkan kesadaran masyarakat terhadap masalah ini, informasi dari Papua Barat dibagi secara internasional melalui media sosial.
Memperhatikan bahwa MSG juga terpecah dalam masalah ini, Dame Meg mengakui bahwa Forum debat akan terus menjadi salah satu yang sensitif untuk organisasi regional: “Tantangan di sini adalah – akan ada konsensus di antara semua pemimpin Pasifik?”
Perdana Menteri Sogavare tidak akan menghadiri retreat ‘ini – Sabtu, tetapi perdebatan akan terus di wilayah tersebut hingga ke dunia internasional. Bulan April, Indonesia harus menyerahkan Universal Periodic Review lima tahunan tentang hak asasi manusia ke Dewan HAM PBB dan isu Papua Barat akan menjadi pusat kajian.
Isu yang sedang berlangsung impunitas atas pelanggaran HAM di Indonesia telah kembali dinyalakan oleh penunjukan terbaru dari penjahat perang didakwa, Jenderal (purnawirawan) Wiranto, sebagai Menteri Koordinator Indonesia untuk Politik, Hukum dan Keamanan. Pada tahun 2003, Wiranto didakwa oleh pengadilan yang didukung PBB untuk perannya sebagai komandan militer di kekerasan pasukan keamanan selama referendum kemerdekaan Timor-Leste tahun 1999 .
Meskipun janji untuk meningkatkan dialog dengan para pemimpin Papua Barat di Jayapura, pengangkatan Wiranto oleh Presiden Indonesia Joko Widodo ‘Jokowi’ telah mengisyaratkan bahwa tentara dan polisi akan terus memainkan peran sentral dalam transisi demokrasi Indonesia.
Sebagai orang Papua Barat terus mencari dukungan dari pulau-pulau Pasifik, “masalah ini tidak akan pergi tidur, kata Dame Meg.

——————————–
Translator tools:
Google
Microsoft

Posted by: M. WALELA
Copyright ©Papua New Guinea Today | News.Pngfacts


Tanggapan anda, Silahkan beri KOMENTAR di bawa postingan ini…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.