Dark
Light
Today: June 15, 2024
8 years ago
2 views

Telkomsel Butuh Waktu 30 Hari Untuk Perbaikan Kabel Optik yang Putus

Telkomsel Butuh Waktu 30 Hari Untuk Perbaikan Kabel Optik yang Putus
Pemasangan kabel Optik. Foto: Ist
Jayapura, Tabloid-WANI — Dibutuhkan waktu 30 hari untuk memperbaiki kabel optik milik PT Telkom yang putus di wilayah perairan Sarmi pada tanggal 17 Oktober 2016.
“Perbaikan kabel fiber optik laut akan membutuhkan waktu 30 hari dan dimulai sejak 20 Oktober 2016. Diharapkan bisa lebih cepat dari rencana semula,” ujar General Manager Telkom Witel Papua Lonely Baringin Mangaranap kepada Antara, Rabu (19/10).
Untuk saat ini Lonely mengakui pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi agar layanan telekomunikasi di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Sarmi tetap lancar sembari perbaikan kabel optik terus berjalan.
“Sejak 17-19 Oktober 2016, Telkom Grup telah mengambil langkah cepat dengan membangun `link back up` melalui satelit dengan kapasitas 1.600 MBPS,” katanya.
Kapasitas tersebut masih akan ditingkatkan karena masih ada jaringan pendukung melalui Radio IP dengan kapasitas 800 MBPS.
“Saat ini kapasitas Radio IP Sarmi-Jayapura masih 200 MBPS, tapi pada akhir bulan ini jumlahnya akan meningkat hingga 800 MBPS, sehingga nantinya kapasitas jaringan 2,4 GBPS,” ujarnya.
Diberitakan sebelumnya layanan paket data di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Sarmi mengalami gangguan setelah kabel optik milik PT Telkom Indonesia putus di perairan Kabupaten Sarmi pada tanggal 17 Oktober 2016 sekitar pukul 20:30 WIT.
Berdasarkan pantauan media ini, adapun penyebab putusnya kabel optik tersebut dikarenakan oleh ‘force majure’ akibat gempa bumi yang terjadi di negara tetangga, Papua New Guinea (PNG).

Copyright ©Antara | Harian Papua

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.