Dark
Light
Today: June 20, 2024
7 years ago
16 views

16 Tahun telah Berlalu, Masih Belum ada Keadilan Setelah Pembunuhan Theys Eluay

16 Tahun Telah Berlalu, Masih Belum ada Keadilan Setelah Pembunuhan Theys Eluay
Alm. Theys Eluay.

Hari ini kita mengingat kembali Pemimpin Kemerdekaan West Papua Theys Eluay, yang dibunuh oleh Militer Kolonial Indonesia – Pasukan Khusus (Kopassus) tepatnya 16 tahun yang lalu, yakni tanggal 10 November 2001.

Theys muncul sebagai pemimpin West Papua yang paling menonjol di awal tahun 2000an dan membuat bangsanya semakin menuju kemerdekaan. Di bawah kepemimpinannya, gerakan kemerdekaan bersatu dan menyatakan komitmennya secara tegas untuk berkampanye secara damai. Pada tanggal 10 November 2001, dia diculik oleh Pasukan Khusus Indonesia dan dicekik sampai mati di sebuah mobil.

Setelah mendapat tekanan internasional untuk keadilan, Jenderal Indonesia Hartomo ditemukan bertanggung jawab langsung atas pembunuhan Mereka dan pada tahun 2003 dijatuhi hukuman tiga tahun enam bulan penjara. Menurut ETAN. “Kami tidak tahu apakah Hartomo bertugas di penjara. Kami juga tidak tahu apakah hukumannya dibatalkan oleh pengadilan yang lebih tinggi. Tapi kami tahu, berdasarkan bukti yang diajukan di pengadilan bahwa pembunuhan Theys Eluay terjadi di bawah komandonya. “

Tahun lalu, Jenderal Hartomo dipromosikan menjadi Gubernur Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Baca ini: Pembunuh Theys Eluay Dipromosi Jadi Ka Bais (Badan Intelijen Strategis)

Pada saat keyakinan Hartomo pada tahun 2003, Jenderal militer Indonesia Ryamizard Ryacudu, yang telah menjadi Menteri Pertahanan Indonesia yang baru, memuji pembunuh Theys sebagai “pahlawan”, yang menyatakan, “Saya tidak tahu, orang mengatakan bahwa mereka salah, mereka melanggar hukum. Hukum apa OK, kita adalah negara berdasarkan peraturan hukum, jadi mereka telah dihukum. Tapi bagi saya, mereka adalah pahlawan karena orang yang mereka bunuh adalah seorang pemimpin pemberontak. “

Beristirahatlah dalam Perdamaian Theys Eluay, kita tidak akan pernah melupakan Anda tapi dalam semangat Anda, kita akan terus berjuang sampai akhirnya Papua Barat bebas.

Baca ini. Laporan terkait Penculikan dan Pembunuhan Theys Eluway berikut ini:


Posted by: Admin

Copyright ©Free West Papua Campaign “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.