Dark
Light
Today: July 27, 2024
7 years ago
64 views

Apa itu Demokrasi Kesukuan?

Apa itu Demokrasi Kesukuan?
Gambar: Cover beberapa Buku Demokrasi Kesukuan atau (Tribal Democracy)
GAGASAN SISTEM PEMERINTAHAN MASYARAKAT ADAT DI ERA GLOBALISASI.
DEMOKRASI KESUKUAN (DemSuk) atau (Tribal Democracy) adalah istilah yang aslinya dipresentasikan oleh salah satu Tokoh dalam sejarah manusia, yakni Nelson Mandela. Nah, untuk Demokrasi Kesukuan atau dalam bahasi Inggris’nya Tribal Democracy ini tidak persis dengannya, yang dalam teori menyebutnya “Tribal Model of Democracy.” Saya menemukan ini saat saya sedang menelusuri Internet pada sepuluh tahun yang lalu.

Ketika orang membaca nama: “Demokrasi Kesukuan”, maka mereka akan dengan mudah menghubungkan nama ini dengan “Suku”, “Primitif“, “Sektarian“, “Barbar“, dan itu berarti ‘tidak demokratis’ menurut mereka.

Yah, itu masuk akal bagi saya, karena kata “suku” dan selanjutnya selalu dinegasikan. Bila orang melihat kata ini, tentu saja, mereka akan tiba-tiba menemukan diri dirinya sendiri, atau tanpa menyadarinya, akan berpikir, “Hmm, sesuatu yang kesukuan? Sesuatu dari masa tua? “Itu masuk akal bagi saya, karena budaya modern ini telah menyuruh kita untuk tidak menerima, bahkan membenci apa yang sebelumnya ada, apa yang kita warisi dari generasi masa lalu kita.

Apa yang sebenarnya saya maksudkan, atau apa yang muncul dalam pikiran saya sendiri begitu saya memikirkan konsep ini adalah:

  1. Sesuatu yang “prima“, “murni“, “segar“, “keemasan“, jadi justru kebalikan dari persepsi diatas yang saya sebutkan.
  2. Berbagai bank Emas, berlian, dan bahkan lebih dari ini, yang telah kita tolak, menolak untuk menerima, dan membenci, tapi sesuatu yang akan merangkul kita dan akan menjaga kita, dan akan terus mendukung dan memelihara kita, maaf, tidak hanya kita manusia, tapi SEMUA Komunitas Makhluk, dan bukan hanya kita, tapi juga akan membuat Bumi kita tetap dapat dihuni dalam waktu yang lama sehingga ada dalam dunia modern ini.

Saya minta maaf, biarkan saya secara teoritis mendefinisikan apa itu Demokrasi Kesukuan. Demokrasi Kesukuan bisa berarti satu, atau beberapa, atau semua hal berikut:

  1. Demokrasi untuk Semua Komunitas Makhluk;
  2. Demokrasi yang Berbasis Sistem Kesukuan, Cara Hidup dan Kebijaksanaan;
  3. Sistem Pemerintahan yang mencakup atau menyatukan nilai-nilai kesukuan ke dalam budaya modern;

Jika Anda meminta saya untuk menghubungkan definisi modern tentang demokrasi dengan apa yang saya maksud di sini, maka saya akan mengatakan bahwa sistem pemerintahan disebut “demokrasi” ketika pemerintahan dilakukan oleh sebuah ungkapan yang bebas dan adil, yang dipilih oleh suara mayoritas, sehubungan dengan hak asasi manusia, dan itu mempromosikan tata pemerintahan yang bersih, dll. Saya mengerti, ini adalah definisi yang baik untuk memulai dengan: “Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan negara dipegang oleh mayoritas warga negara di dalam suatu negara atau sebuah negara. “[terkait Demokrasi, klik link berikut: http://en.wikipedia.org/wiki/Democracy] Ada unsur ‘peraturan mayoritas’, ‘pemilihan oleh rakyat’, dan ‘kekuatan tertinggi terletak pada tubuh warga negara yang dapat memilih orang untuk mewakili mereka ‘. Saya ingin menyalin dan menempel lebih banyak definisi, bagaimanapun, saya lebih suka mengatakan bahwa definisi demokrasi modern semuanya “antroposentris“. Apapun jenis atau definisi demokrasi yang mengklaim peduli terhadap alam, tidak hanya manusia, yang paling menonjol, juga Demokrasi dari Gerakan Hijau “antroposentris”. Manusia berada di pusat pemerintahan.


Nah, bukan itu yang saya maksud dengan “Demokrasi Kesukuan atau Tribal Democracy“:
  1. Demokrasi Kesukuan / Tribal Democracy adalah “demokrasi dari semua komunitas Makhluk, oleh semua komunitas Makhluk, dan untuk Semua Komunitas Makhluk dengan Bumi Bumi mereka;
  2. Dengan kata lain, ini adalah “demokrasi” yang dijalankan tidak hanya oleh Manusia, tapi oleh semua Komunis Makhluk.
  3. Ini adalah bentuk pemerintahan di mana kekuasaan negara tidak dimiliki oleh mayoritas warga negara saja, tapi juga semua Komunitas Makhluk.

Yang terpenting, saya akan mengatakan bahwa Demokrasi Kesukuan adalah Sistem Pemerintahan yang mempromosikan Masyarakat dan seluruh Makhluk hidup dengan damai dan harmonis.

Dalam bahasa yang lebih spiritual, seseorang dapat mengatakan bahwa model demokrasi ini adalah:

  1. Demokrasi seperti di Taman Eden, Firdaus, Nirwana sebagaimana ada dalam Kitab Suci agama-agama modern;
  2. Demokrasi yang akan membawa kita semua ke kehidupan yang damai dan harmonis di antara semua Komunitas Makhluk.

Saya tahu, saya bukan lebih dari seorang suku, orang yang berusia baya, bagian dari dunia yang biasa Anda sebut sebagai “suku kanibal“, walaupun saya belum pernah melihat orang Papua makan manusia lain, selain yang telah saya lihat Orang modern makan manusia lain, di depan mataku, hampir setiap detik, setiap menit, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, setiap tahun, sejauh ini. Saya tidak ingin mendapat masalah dengan membahas topik ini, itu tidak begitu penting.

Saya hanya ingin mengatakan dengan jelas, JUJUR, SEDERHANA, TERBUKA, apapun yang akan menegaskan bahwa apa yang saya katakan bukan hanya mimpi, tapi berdasarkan kenyataan yang saya alami dalam ‘kehidupan’ yang saya miliki sekarang, yang saya katakan Percaya bisa diimplementasikan oleh peradaban manapun yang ingin tinggal di planet bumi ini, yang ingin membuat Planet yang bisa ditempati ini, tidak hanya untuk generasi kita, tapi yang lebih penting lagi untuk 1000 tahun generasi yang akan datang.

Saya minta maaf bahwa saya membatasi catatan ini sampai disini. Saya akan masuk lebih dalam di postingan selanjutnya atau anda dapat mengikutinnya pada buku seri Demokrasi Kesukuan yang telah beredar seperti cover gambar diatas.

Sampai jumpa lagi.

Sem Karoba



Posted by: Admin
Copyright ©S.K “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.