Dark
Light
Today: June 13, 2024
7 years ago
8 views

PM Vanuatu, Charlot Salwai Mengangkat Isu West Papua Saat Bertemu dengan Paus Fransiskus

PM Vanuatu, Charlot Salwai Mengangkat Isu West Papua Saat Bertemu dengan Paus Fransiskus
Gambar: Ilustrasi Perdana Menteri (PM) Vanuatu Charlot Salwai (kiri) dan Paus Fransiskus (kanan).

Port Vila — Di antara banyak isu oleh negara-negara Pasifik lainnya melalui Vanuatu yang menganjurkan perubahan dan pengakuan dalam kunjungannya ke Vatikan, salah satu dari banyak isu yang dipimpin Perdana Menteri Charlot Salwai adalah terkait isu West Papua.


Dia mengangkat isu tersebut atas nama Pemimpin Kepulauan Pasifik lainnya saat mereka bertemu dengan Paus Francis di Vatikan, Italia, pada hari Minggu (12/11/2017) seperti yang dilansir Daily Post.vu dan situs resmi Pemerintah Vanuatu.

Dia mengatakan, “Politik global dan internasional yang lebih kuat dan lebih menentukan sangat penting untuk menangani isu-isu yang semakin beragam yang berkaitan dengan hak asasi manusia.

“Terkait ini, mungkin saya mengambil kesempatan ini untuk merenungkan sebuah isu yang dekat dengan hati saya, yakni dugaan pelanggaran hak asasi manusia di West Papua.

“Kami tidak dapat terus-menerus menolak pendengaran lama atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia di West Papua.”

Berbicara atas nama pemimpin Pasifik, PM Salwai menyoroti bahwa pada tahun 2016, Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik, sebagai pengakuan atas pentingnya isu ini (West Papua), telah sepakat dan telah bahwa isu ini untuk tetap ada dalam agenda mereka.

“Bapa Suci (Paus Fransiskus), pada intinya, Laudato Si mendesak pengakuan kaum rentan di semua lapisan masyarakat.


“Isu West Papua terus menghindari mekanisme peninjauan internasional yang formal karena kepekaan politik seputar masalah ini dan saya harus menegaskan kembali kebutuhan akan politik global yang lebih kuat dan lebih menentukan untuk menangani isu-isu paling kritis yang mempengaruhi masyarakat dan masyarakat kita.”

Isu lain yang diangkat PM tadalah ermasuk ekonomi negara-negara Pasifik, kemiskinan, dan perubahan iklim.

Berikut ini adalah Kutipan Penyampaian PM Vanuatu Tentang isu “West Papua” Kepada Paus Fransiskus

Politik global dan internasional yang lebih kuat dan lebih menentukan sangat penting untuk mengatasi isu-isu yang semakin beragam yang berkaitan dengan hak asasi manusia. Terkait masalah ini, saya mengambil kesempatan untuk merenungkan sebuah isu yang dekat dengan hati saya – yakni: dugaan pelanggaran hak asasi manusia di West Papua. 

· Kami tidak dapat terus mengubah telinga yang tuli terhadap tuduhan pelanggaran hak asasi manusia yang telah berlangsung lama di West Papua. Pada tahun 2016, Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik, sebagai pengakuan atas pentingnya isu ini, sepakat bahwa isu ini tetap ada dalam agenda mereka. 

· Bapa Suci, pada intinya, Laudato Si mendesak pengakuan orang-orang yang rentan di semua lapisan masyarakat. Isu West Papua terus menghindari mekanisme peninjauan internasional yang formal karena kepekaan politik seputar masalah ini dan saya harus menegaskan kembali kebutuhan akan politik global yang lebih kuat dan lebih menentukan untuk menangani isu-isu paling kritis yang mempengaruhi masyarakat dan masyarakat kita.

Paus Emeritus Benediktus XVI (ist).

Posted by: Admin
Copyright ©Daily Post.vu | Tabloid WANI “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.