Dark
Light
Today: July 27, 2024
7 years ago
90 views

Ribuan Prajurit TNI AD Amankan Perbatasan RI-PNG

Ribuan Prajurit TNI AD Amankan Perbatasan RI-PNG
Kasrem 174/ATW Kol Kav Ketut Adi S Putra tengah melakukan pemeriksaan pasukan menyambut kedatangan 3 batalyon yang akan melakukan pengamanan perbatasan RI-PNG.

Merauke — Sebanyak 1.350 prajurit TNI AD dari Yonif 315/Garuda, Yonif Raider 323/Buaya Putih dan Yonif Raider 500/Sikatan, akan mengamankan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Ribuan prajurit TNI yang akan bertugas di perbatasan RI-PNG selama sembilan bulan itu, tiba di Kabupaten Merauke, Papua, Rabu (6/12).

Komandan Satgas Yonif Raider 323/ Buaya Putih, Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina mengatakan, kedatangan tiga batalyon ini untuk menggantikan tugas prajurit Yonif Para Raider 503/Mayangkara, Yonif 310/Kidang Kancana dan Yonif 405/Surya Kusuma yang masa tugasnya telah berakhir.

“Prajurit dari tiga batalyon akan disebar di sejumlah pos perbatasan RI-PNG,” katanya, Rabu (6/12).

Menurutnya, untuk memaksimalkan tugas dalam kurun waktu sembilan bulan ke depan, pihaknya telah melakukan survey lapangan. Selain melaksanakan tugas utama menjaga keamanan perbatasan RI-PNG, seluruh prajurit juga ditekankan fokus kegiatan teritorial.

“Terlebih dahulu kami sudah ‘belanja masalah’, mengatahui dan mempelajari kondisi daerah, termasuk mengenal masyarakat dan mengetahui potensi SDA. Dengan bekal keterampilan prajurit kami yang mumpuni, nantinya dalam bertugas dapat melatih masyarakat memanfaatkan potensi kekayaan alamnya,” ujarnya.

Prajurit dari tiga batalyon ini diingatkan melaksanakan tugas dengan optimal dan meminimalisir terjadinya pelanggaran.

Kedatangan tiga batalyon yang masing-masing membawa 450 prajurit itu, disambut Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap yang diwakili Kasrem, Kol Kav Ketut Adi S Putra di Dermaga Yosudarso, Merauke bersama unsur muspida.

Di hadapan ribuan prajurit TNI AD, Ketut Adi S Putra mengatakan, wilayah perbatasan RI-PNG memiliki potensi kerawanan yang perlu diantisipasi, mulai dari pelintas batas ilegal, penebangan kayu ilegal, pergeseran patok perbatasan, penyelundupan minuman beralkohol, narkoba, dan ancaman kelompok bersenjata.

“Kalian harus tetap waspada, melakukan patroli keamanan dan pemeriksaan patok perbatasan. Jaga stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan,” ucapnya.

Copyright ©Metro Merauke “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.