Dark
Light
Today: June 21, 2024
6 years ago
15 views

Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI Tiba di Timika dan Maluku

Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara Alih Komando dan Pengendalian Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI Tahun 2018.

Jayapura — Sebanyak 1.620 personel penyelenggara dan pendukung latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI 2018 mulai diberangkatkan ke tiga daerah latihan di Morotai (Maluku Utara), Timika (Papua) dan Pulau Selaru (Maluku Tenggara Barat).

Keberangkatan pasukan PPRC TNI itu menggunakan tiga pesawat Hercules yang dibagi beberapa sorty penerbangan, melalui Lanud Juanda Surabaya dan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (7/5).

Komandan Satgas Penerangan (Dansatgaspen) Latihan PPRC TNI tahun 2018, Kolonel Arm Edwin Habel, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin, mengatakan, sebelumnya sudah ada team advance yang berangkat mendahului.

“Personel yang berangkat melalui Halim dan Juanda saat ini langsung menuju ke daerah tugas masing-masing yaitu Timika, Selaru dan Morotai,” ujarnya.

Dansatgaspen PPRC TNI mengatakan bahwa khusus untuk tim yang bertugas di Pulau Selaru, Maluku Tenggara Barat, setelah sampai di Bandar Udara Saumlaki langsung melanjutkan perjalanannya menggunakan kapal laut dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

“Informasi untuk saat ini ombak laut menuju Pulau Selaru kurang bersahabat, sehingga kemungkinan waktu yang ditempuh akan bertambah. Mudah-mudahan perjalanan hari ini lancar dan aman sampai tujuan,” kata Edwin.

Sementara itu, tim penyelenggara dan pendukung yang berangkat terdiri dari, personel Kodiklat TNI (Penyelenggara), unsur Satgas Darat (Satgasrad), Satgas Laut (Satgasla), Satgas Udara (Satgasud), Satgas Penerangan (Satgaspen), Tim Dukungan Kesehatan (Dukes) dan Tim Bakti Sosial.

Adapun pelaksanaan latihan lapangan PPRC TNI di Morotai, Timika dan Selaru akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2018 mendatang, bertindak sebagai Komandan PPRC TNI Brigjen TNI Marga Taufiq, yang jabatan sehari-hari sebagai Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad dan selaku Wakil Komandan PPRC TNI Kolonel Pnb Andi Wijaya, jabatan sehari hari Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdulrachman Saleh Malang.

Panglima TNI Tiba di Timika Jumat

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dijadwalkan tiba di Timika pada Jumat (11/5) dengan pesawat Boeing 737/500 milik TNI AU setelah meresmikan salah satu satuan TNI AD di Sorong, Papua Barat.

Kedatangan Marsekal Hadi Tjahjanto dalam rangka peninjauan latihan PPRC TNI tahun 2018 ini sekaligus merupakan kunjungan perdananya ke Timika selama menjabat Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo.

Latihan PPRC TNI di Timika rencananya akan digelar di kawasan Poumako dan bandara baru milik Pemkab Mimika pada Sabtu (12/5). Panglima TNI bersama Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Penjabat Gubernur Papua Sudarmo dijadwalkan hadir menyaksikan latihan tersebut.

Panglima TNI dan rombongan akan menyaksikan review via video conference pelaksanaan terjun free fall (terjun bebas) misi pengendali tempur oleh Kelompok Depan Operasi Linud (KDOL) di bandara baru Timika dan pendaratan khusus (Ratsus) Satuan Tugas Laut (Satgasla) di Poumako.

Panglima TNI dan rombongan juga akan menyaksikan penerjunan Satgasrat dalam pelaksanaan Operasi Linud dan penerjunan Satgasud dalam pelaksanaan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) dan serangan Kompi Ratsus Pasrat untuk perebutan sasaran via video conference.

Copyright ©Seputar Papua “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.