Dark
Light
Today: July 27, 2024
6 years ago
64 views

Wajah Yesus yang Asli

Wajah Yesus yang Asli
Wajah Yesus yang asli.

– Kemajuan dalam ilmu forensik mengungkapkan wajah paling terkenal dalam sejarah.

Sejak pertama kali anak-anak Kristen menetap di ruang kelas sekolah Minggu, gambaran Yesus Kristus terpatri dalam pikiran mereka. Di Amerika Utara dia paling sering digambarkan sebagai lebih tinggi daripada murid-muridnya, ramping, dengan rambut panjang, mengalir, berwarna cokelat muda, kulit cerah dan mata berwarna terang. Akrab meskipun gambar ini mungkin, itu adalah cacat inheren. Seseorang dengan ciri-ciri dan bantalan fisik ini akan tampak sangat berbeda dari orang lain di wilayah tempat Yesus hidup dan melayani. Tentunya para penulis Alkitab akan menyebutkan hal yang sangat kontras.

Sebaliknya, menurut Injil Matius, ketika Yesus ditangkap di taman Getsemani sebelum Penyaliban, Yudas Iskariot harus menunjukkan kepada para prajurit siapa Yesus karena mereka tidak dapat membedakannya dari murid-muridnya. Lebih jauh lagi mengaburkan pertanyaan tentang apa yang tampak seperti Yesus adalah fakta sederhana bahwa tidak ada di dalam Perjanjian Baru yang dijelaskan Yesus, dan tidak ada gambar-gambar dari dirinya yang pernah ditemukan.

Ada masalah tambahan karena tidak memiliki kerangka atau sisa-sisa tubuh lainnya untuk menyelidiki DNA. Dengan tidak adanya bukti, gambaran kita tentang Yesus telah diserahkan kepada imajinasi seniman. Pengaruh budaya dan tradisi seniman dapat sangat besar, mengamati Carlos F. Cardoza-Orlandi, profesor Kristen dunia di Columbia Theological Seminary di Atlanta. “Sementara citra Barat dominan, di bagian lain dunia ia sering ditampilkan sebagai hitam, Arab atau Hispanik.” Jadi pertanyaan mendasarnya tetap: Seperti apakah Yesus itu?

Jawaban telah muncul dari bidang ilmu baru yang menarik: antropologi forensik. Menggunakan metode yang serupa dengan yang dikembangkan polisi untuk memecahkan kejahatan, ilmuwan Inggris, dibantu oleh arkeolog Israel, telah menciptakan kembali apa yang mereka yakini sebagai gambar paling akurat dari wajah paling terkenal dalam sejarah manusia.

Tubuh sebagai Bukti
Sebuah hasil dari antropologi fisik, antropologi forensik menggunakan data budaya dan arkeologi serta ilmu fisik dan biologi untuk mempelajari kelompok orang yang berbeda, menjelaskan A. Midori Albert, seorang profesor yang mengajar antropologi forensik di University of North Carolina di Wilmington. Para ahli di bidang yang sangat khusus ini membutuhkan pengetahuan genetika, dan pertumbuhan dan perkembangan manusia. Dalam penelitian mereka, mereka juga menggambar dari bidang primatologi, paleoantropologi (studi tentang evolusi primata dan manusia) dan osteologi manusia (studi tentang kerangka). Bahkan bidang yang tampaknya jauh seperti nutrisi, kedokteran gigi, dan adaptasi iklim memainkan peran dalam jenis investigasi ini.

Sementara antropologi forensik biasanya digunakan untuk memecahkan kejahatan, Richard Neave, seorang seniman medis yang pensiun dari The University of Manchester di Inggris, menyadari itu juga dapat menjelaskan penampakan Yesus. Rekan penulis Making Faces: Menggunakan Bukti Forensik Dan Arkeologi, Neave telah berkelana di daerah-daerah kontroversial sebelumnya. Selama dua dekade terakhir, ia merekonstruksi lusinan wajah terkenal, termasuk Philip II dari Macedonia, ayah dari Alexander the Great, dan King Midas of Phrygia. Jika ada yang bisa membuat potret Yesus yang akurat, itu akan menjadi Neave.

Merekonstruksi Yesus
Deskripsi Matius tentang peristiwa di Getsemani menawarkan petunjuk yang jelas ke wajah Yesus. Jelas bahwa ciri-cirinya khas orang Galilea dari jamannya. Maka langkah pertama untuk Neave dan tim risetnya adalah mendapatkan tengkorak dari dekat Yerusalem, wilayah tempat Yesus hidup dan berkhotbah. Tengkorak semit jenis ini sebelumnya telah ditemukan oleh para ahli arkeologi Israel, yang berbagi dengan Neave.

Dengan tiga spesimen yang diawetkan dengan baik dari zaman Yesus di tangan, Neave menggunakan tomografi terkomputerisasi untuk membuat “irisan” tengkorak X-ray, sehingga mengungkapkan detail-detail kecil tentang struktur masing-masing. Program komputer khusus kemudian mengevaluasi rim informasi tentang pengukuran ketebalan jaringan lunak yang diketahui di area utama pada wajah manusia. Ini memungkinkan untuk menciptakan kembali otot-otot dan kulit di atas tengkorak Semite yang representatif.

Seluruh proses dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang memverifikasi hasil dengan data antropologi. Dari data ini, para peneliti membangun rekonstruksi 3D wajah secara digital. Selanjutnya, mereka menciptakan gips tengkorak. Lapisan tanah liat yang sesuai dengan ketebalan jaringan wajah yang ditentukan oleh program komputer kemudian diaplikasikan, bersama dengan kulit yang disimulasikan. Hidung, bibir dan kelopak mata kemudian dimodelkan untuk mengikuti bentuk yang ditentukan oleh otot-otot yang mendasarinya.

Soal Gaya

Dua faktor kunci tidak dapat ditentukan dari tengkorak — rambut dan warna Yesus. Untuk mengisi bagian-bagian gambar ini, tim Neave beralih ke gambar-gambar yang ditemukan di berbagai situs arkeologi, tertanggal abad pertama. Ditarik sebelum Alkitab dikompilasi, mereka memegang petunjuk penting yang memungkinkan para peneliti untuk menentukan bahwa Yesus memiliki mata yang gelap daripada berwarna terang. Mereka juga menunjukkan bahwa sesuai dengan tradisi Yahudi, dia juga berjenggot.

Namun, Alkitablah yang memecahkan masalah panjang rambut Yesus. Sementara sebagian besar seniman religius menaruh rambut panjang pada Kristus, kebanyakan ahli Alkitab percaya bahwa itu mungkin pendek dengan ikal yang ketat. Asumsi ini, bagaimanapun, bertentangan dengan apa yang banyak orang percaya sebagai penggambaran yang paling otentik: wajah yang dilihat dalam gambar pada yang terkenal – beberapa orang mengatakan terkenal – Kain Kafan dari Turin. Kain kafan diyakini oleh banyak orang sebagai kain di mana tubuh Yesus dibungkus setelah kematiannya. Meskipun ada perbedaan pendapat, apakah kafan itu asli, jelas menggambarkan sosok dengan rambut panjang. Mereka yang mengkritik legitimasi kain kafan menunjuk pada 1 Korintus, salah satu dari banyak kitab Perjanjian Baru rasul Paulus dikreditkan dengan tulisan. Dalam satu bab dia menyebutkan setelah melihat Yesus — kemudian menggambarkan rambut panjang pada seorang pria sebagai tercela. Akankah Paulus menulis, “Jika seorang lelaki berambut panjang, itu memalukan baginya” jika Yesus Kristus memiliki rambut panjang? Untuk Neave dan timnya, masalah ini diselesaikan. Yesus, seperti gambar-gambar dari penggambaran abad pertama, akan memiliki rambut pendek, cocok untuk pria pada saat itu.

Catatan sejarah juga memecahkan masalah ketinggian Yesus. Dari analisis sisa-sisa kerangka, para arkeolog telah dengan teguh menetapkan bahwa rata-rata bangun seorang lelaki Semit pada zaman Yesus adalah 5 kaki 1 inci, dengan berat rata-rata sekitar 110 pon. Karena Yesus bekerja di luar rumah sebagai tukang kayu sampai dia berusia sekitar 30 tahun, masuk akal untuk menganggap dia lebih berotot dan sehat secara fisik daripada yang disarankan oleh potret orang-orang kebarat-baratan. Wajahnya mungkin dipukuli cuaca, yang akan membuatnya tampak lebih tua juga.

Model komputer (kiri) dan tanah liat pemodelan memungkinkan Neave (kanan) untuk membuat rekonstruksi wajah yang diterima secara forensik. (Foto oleh Keith Kasnot / National Geographic Image Collection [kiri] dan Unit Seni dalam Kedokteran / The University of Manchester, Inggris [kanan])

Potret Akurat
Bagi mereka yang terbiasa dengan potret sekolah Minggu tradisional Yesus, patung pria Timur Tengah gelap dan berkulit gelap yang muncul dari laboratorium Neave adalah pengingat dari akar iman mereka. “Fakta bahwa ia mungkin lebih mirip dengan orang Semit yang berkulit gelap daripada orang barat yang terbiasa melihatnya digambarkan adalah pengingat universalitasnya,” kata Charles D. Hackett, direktur studi Episcopal di Candler School of Theology di Atlanta. “Dan itu adalah pengingat akan kecenderungan kita untuk secara berdosa menyelaraskannya dalam pelayanan nilai-nilai budaya kita.”

Neave menekankan bahwa penciptaan kembali hanyalah seorang pria dewasa yang tinggal di tempat yang sama dan pada saat yang sama dengan Yesus. Seperti yang diharapkan, tidak semua orang setuju.

Gambaran forensik bukan ilmu pasti, memperingatkan Alison Galloway, profesor antropologi di Universitas California di Santa Cruz. Detail di wajah mengikuti jaringan lunak di atas otot, dan di sinilah seniman forensik sangat berbeda dalam teknik. Galloway menunjukkan bahwa beberapa artis lebih memperhatikan perbedaan halus dalam detail seperti jarak antara bagian bawah hidung dan mulut. Dan fitur yang paling bisa dikenali dari wajah — lipatan mata, struktur hidung dan bentuk mulut — diserahkan kepada seniman. “Dalam beberapa kasus kemiripan antara rekonstruksi dan individu yang sebenarnya dapat menjadi luar biasa,” kata Galloway. “Tetapi di lain mungkin ada kemiripan lebih dengan karya lain dari artis yang sama.” Terlepas dari reservasi ini, ia mencapai satu kesimpulan yang tidak dapat dihindari oleh hampir semua orang yang pernah melihat Neave’s Jesus. “Ini mungkin jauh lebih dekat pada kebenaran daripada karya banyak guru besar.”

___________
Baca juga berikut ini:

  1. Metafisika Misteri Ruang dan Waktu
  2. “Waktu” dan “Ruang” adalah Ciptaan Manusia Modern! Pikirkan untuk Hidup di Luar Mereka!
  3. Filsafat (03) Hanya Manusia yang Mempunyai Waktu

Posted by: Admin
Copyright ©PapuaChurch “sumber”
Hubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.