Dark
Light
Today: July 27, 2024
5 years ago
60 views

Ini Penyebab Pesawat Caravan Dabi Air Tergelincir

Pesawat jenis Caravan milik Maskapai Dabi Air PT. Nusantara PK – DPT mengalami kecelakan di bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kabupaten Puncak sekitar pukul 07.51 WIT, Senin (11/3/2019).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM. Kamal, mengatakan pesawat Caravan yang di piloti Capt. Jhuda A. dan Co Pilot Dendi Anugrah berangkat dari bandara Moses Kilangin Timika menuju ke Bandar Udara Aminggaru Ilaga Distrik Omukia Kabupaten Puncak dengan membawa barang Logistik atau Bahan makanan milik Saudara Idon (agen Pesawat Alda Air).

Ini Penyebab Pesawat Caravan Dabi Air Tergelincir
Pesawat Caravan milik Maskapai Dabi Air mengalami kecelakan di bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia Kabupaten Puncak , Senin (11/3/2019).

Menurut Kamal, waktu landing di bandara Aminggaru Ilaga, pesawat mengalami Over Runway (Inciden Report) yang disebabkan oleh rem pada pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT tidak berfungsi saat digunankan oleh pilot dan kondisi bandara licin/basah.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tapi pesawat mengalami rusak pada Landing Gear, Propeler dan Baling-baling depan karena kondisi pesawat dalam kecepatan tinggi sehingga tidak bisa dikendalikan dan pesawat menabrak tumpukan batu yang berada di ujung Runway,” kata Kamal dalam keterangan persny di Mapolda Papua, Senin (11/3/2019).

Selanjutnya, kata Kamal, Pilot Capt. Jhuda A. dan Co Pilot Dendi Anugrah berhasil menghentikan pesawat dan berhasil keluar dari pesawat dengan selamat.

“Keduanya di bawa menuju ke tower Bandara untuk di minta keterangan oleh pihak perhubungan terkait Over Runway pesawat Dabi Air PT. Nusantara PK-DPT (Caravan),” jelasnya.

Setelah dimintai keterangan, Capt. Ahmad Jahron Burahman (Pilot) menggantikan Capt. Jhuda A. (Pilot) dan Co Pilot Dendi Anugerah kembali ke Timika dari bandara Aminggaru Ilaga Kab. Puncak dengan menggunakan Pesawat Dabi Air PK-DPW.

Sementara barang Logistik/Bamak (1270 Kg) milik Saudara Idon dikeluarkan dari pesawat dan di bawa menuju gudang bandara untuk di periksa.

Saat ini pesawat masih berada di ujung runway Bandara Ilaga, masih dalam proses evakuasi oleh pihak otoritas Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak.

Copyright ©Noken Live  “sumber”
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.