Dark
Light
Today: June 18, 2024
5 years ago
1 views

Ketua ULMWP: Selamat Kepada PM Baru PNG, James Marape

Ketua ULMWP: Selamat Kepada PM Baru PNG, James Marape
James Marape anggota Tari Pori, perdana menteri baru Papua Nugini. May 2019 Photo: Post Courier Newspaper

PORT MORESBY, – James Marape, mantan menteri keuangan dan kritikus kesepakatan pembangunan gas global, telah dipilih oleh parlemen sebagai Perdana Menteri (PM) Papua Nugini (PNG) pada, Kamis (30/5/2019) menggantikan PM sebelumnya, Peter O’Neill di Port Moresby, PNG setelah James memenangkan suara mayoritas di Parlemen.

Dalam sebuah postingan Facebook-nya pada Kamis pagi, Marape berjanji untuk menjadikan PNG sebagai “negara Kristen kulit hitam terkaya di dunia” dan menempatkan “kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi dan perusahaan”.

Terkait terpilihnya James Marape sebagai Perdana Menteri baru PNG , West Papua pun menyampaikan ucapan selamat Kepada Perdana Menteri terpilih, James Marape. Ucapan selamat ini disampaikan oleh Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda pada Jumat, (31/05) seperti yang dilansir di website resmi ulmwp.org. Berikut ini adalah pernyataan resmi oleh ULMWP untuk PM Papua Nugini, Hon. James Marape :
___________

Terhormat Hon. Perdana Menteri James Marape,

Atas nama rakyat West Papua dan Eksekutif ULMWP, saya mengucapkan selamat kepada Anda atas terpilihnya Anda sebagai Perdana Menteri Papua Nugini.

Saya percaya bahwa kepemimpinan Anda akan bermanfaat bagi rakyat Papua Nugini dan rakyat di seluruh Papua, dari Sorong hingga Samarai. Batas-batas kolonial telah memisahkan kita orang Papua, tetapi suatu hari impian kita adalah untuk bersatu sebagai satu kesatuan dalam, satu tanah, satu leluhur. Papua Nugini dan West Papua menghadapi bahaya eksploitasi sumber daya alam dan perubahan iklim, dan ULMWP bekerja menuju solusi untuk melestarikan tanah kami dan memberi manfaat bagi rakyat kami.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada mantan Perdana Menteri Peter O’Neill, yang membuat sejarah dengan berbicara secara regional dan internasional tentang ketidakadilan di West Papua.

Perdana Menteri Marape, saya berharap Anda bisa menjadi suara bagi yang tidak bersuara dan bahwa pemerintahan Anda dapat terus membawa masalah West Papua ke forum regional dan internasional.

Saya harap Anda dapat berbicara tentang pendudukan asing yang terus menerus dan eksploitasi sumber daya alam kita yang kaya di West Papua, tempat rakyat saya masih menderita di bawah kolonialisme di abad ke-21.

Tuhan memberkati Anda dan pekerjaan Anda melayani rakyat Papua Nugini.

Salam kesatuan,

Benny Wenda
Ketua United Liberation Movement for West Papua

Posted by: Admin
Copyright ©The ULMWP official site “sumber”
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.