Dark
Light
Today: July 27, 2024
5 years ago
41 views

Menerima Freedom of Oxford, Benny Wenda akan Berdiri Sejajar Pemimpin Dunia Lain

Menerima Freedom of Oxford, Benny Wenda akan Berdiri Sejajar Pemimpin Dunia Lain
Benny Wenda, ketua Persatuan Gerakan Kemerdekaan West Papua atau (ULMWP).ist

Jayapura, – Benny Wenda akan menerima penghargaan “Freedom ox Oxford” dari Dewan Kota Oxford, Inggris. Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) ini akan bergabung bersama tokoh-tokoh seperti Colin Dexter, Nelson Mandela, Sir Roger Bannister dan Lord Nuffield yang pernah menerima penghargaan tersebut.

Anggota Dewan Kota Oxford setuju untuk memberikan penghargaan kepada Benny Wenda pada Oktober lalu setelah diusulkan oleh Walikota Oxford yang juga anggota Partai Hijau saat ini, Craig Simmons. Simmons mendapatkan dukungan lintas partai dan dia mengatakan Benny Wenda telah memberikan dampak positif secara global melalui kampanyenya untuk membebaskan West Papua dari Indonesia.

(Baca juga: Akar Masalah Papua Menurut Mantan Letjen Purn. J. Suryo Prabowo)

Simmons mengatakan ia mengusulkan Benny Wenda mendapatkan penghargaan tersebut dengan alasan kriteria untuk Freedom Oxford adalah calon penerima telah menjadi orang yang signifikan memberikan dampak tertentu.

“Kami telah memberikannya kepada Nelson Mandela dan orang-orang yang berbasis di Oxford, seperti Colin Dexter, yang memiliki dampak global. Benny cocok dengan itu dan keluarganya tumbuh di sini (Oxford),” Simmons mengungkapkan alasannya kepada Jubi melalui surat elektronik, Senin (8/7/2019).

Wenda akan bergabung dengan orang-orang terkenal lainnya seperti mantan Perdana Menteri dan pemimpin Partai Buruh Clement Attlee, Field Marshall Sir Douglas Haig, panglima tertinggi Angkatan Darat Inggris selama Perang Dunia Pertama dan beberapa tokoh global lainnya seperti Aung San Suu Kyi. Namun penghargaan yang didapatkan oleh Suu Kyi dibatalkan oleh Dewan Kota setelah Suu Kyi yang mendapat kecaman keras karena tidak bertindak dalam menghadapi kekejaman terhadap Muslim Rohingya di negara bagian Myanmar, Rakhine.

(Baca ini: Cahaya di Ujung Terowongan untuk West Papua)

Selain diberikan kepada orang-orang yang, menurut pendapat dewan telah memberikan dampak positif tertentu pada komunitas global, “Freedom of Oxford” juga diberikan kepada mereka yang memberikan layanan luar biasa untuk kota Oxford.

Penghargaan ini diberikan setelah saran dari anggota dewan dan persetujuan oleh semua partai. Harus ada pemungutan suara yang menghasilkan persetujuan setidaknya 2/3 dari mereka yang menghadiri pemungutan suara.

Benny Wenda akan menerima penghargaan penghargaan ini dalam pertemuan khusus dewan kota khusus pada 17 Juli nanti. (*)

(Baca artikel tentang Benny Wenda, ini: Perjalanan Benny Wenda dari Penjara Abepura ke Internasional dan Pimpin ULMWP)

Copyright ©Jubi “sumber”
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.