Dark
Light
Today: June 15, 2024
4 years ago
6 views

Legislatif ULMWP Wilayah Anim-Ha Peringati HUT Nieuw Guinea Raad 5 April

Legislatif ULMWP Wilayah Anim-Ha Peringati HUT Nieuw Guinea Raad 5 April
Legislatif ULMWP bersama rakyat West Papua Wilayah Adat Anim-Ha di berpose bersama depan Kantor ULMWP usai kegiatan HUT Nieuw Guinea Raad 5 April 2020, Merauke (5/04/2020). Foto. doc. ULMWP Anim-Ha

No. 1 PAPUA Merdeka News | Portal

𝗛𝗨𝗧 𝗡𝗶𝗲𝘂𝘄 𝗚𝘂𝗶𝗻𝗲𝗮 𝗥𝗮𝗮𝗱 (𝗗𝗲𝘄𝗮𝗻 𝗡𝘂𝗴𝗶𝗻𝗶) 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝗸𝗲 – 𝟱𝟵 𝘁𝗵𝗻 – 𝟱 𝗔𝗽𝗿𝗶𝗹 𝟭𝟵𝟲𝟭 – 𝟱 𝗔𝗽𝗿𝗶𝗹 𝟮𝟬𝟮𝟬 𝟱𝟵 𝘁𝗮𝗵𝘂𝗻)

𝗠𝗘𝗥𝗔𝗨𝗞𝗘, 𝗔𝗻𝗶𝗺-𝗛𝗮 | Hari ini Minggu, 5 April 2020 Legislatif ULMWP Wilayah Anim-Ha memperingati dan merayakan HUT Deklarasi Dewan Nugini atau Nieuw Guinea Raad yang jatuh pad tanggal 5 April. Tahun 2020, Nieuw Guinea Raad masuk usia ke 59 tahun.

Seperti yang diposting Kepala Biro Politik ULMWP, Bazoka Logo (5/04) dijelaskan, dalam kesempatan ini juga, United Liberation Movement for West Papua wilayah Adat Anim-Ha kembali menegaskan seruan Keanggotaan ULMWP di MSG, dan meminta kepada negara-negara Melanesia untuk menangguhkan keanggotaan Indonesia di MSG, dimana Indonesia jelas-jelas sedang menjadi ancaman bagi keharmonisan West Papua sebagai keluarga Melanesia di MSG.

Pada peringatan ini kembali diingatkan, aneksasi West Papua melalui deklarasi Trikora 19 Desember 1961 dan peralihan 1 Mei 1963, sejarah panjang telah berlalu dan pada tahun 2012, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) selaku panitia telah memediasi wakil rakyat dan Nieuw Guinea Raad dibangkitkan kembali, dideklarasikan dengan nama Parlemen Nasional West Papua (PNWP) pada 9 April 2012 di lapangan makam Theys H. Eluay di Sentani, Papua.

𝗦𝗲𝗸𝗶𝗹𝗮𝘀

Dewan Nugini atau dalam (bahasa Belanda-nya: Nieuw Guinea Raad), adalah sebuah badan legislatif pertama yang dibentuk era koloni Belanda pada tahun 1961. Dewan ini dideklarasikan pada tanggal 5 April 1961, dengan jumlah 28 orang anggota dewan Nugini. 16 di antaranya telah terpilih dalam pemilihan yang diadakan pada bulan Januari 1961.

Dewan ini kemudian diminta untuk mempersiapkan keinginan rakyat Papua menentukan nasib sendiri, sehingga dalam sebuah sesi darurat, dewan merancang sebuah manifesto dan simbol nasional termasuk bendera Bintang Fajar sebagai sebuah entitas nasional negara-bangsa yang dikenal sekarang sebagai bendera “West Papua”.

Manifesto tersebut kemudian dideklarasikan pada tanggal 1 Desember 1961 untuk seluruh wilayah West Nieuw Guinea (West Papua) dengan bendera, 𝘽𝙞𝙣𝙩𝙖𝙣𝙜 𝙁𝙖𝙟𝙖𝙧 dan lagu kebangsaan, 𝙃𝙖𝙞 𝙏𝙖𝙣𝙖𝙝𝙠𝙪 Papua serta sejumlah perangkat manifesto negara-bangsa Papua 𝑙𝑎𝑖𝑛𝑛𝑦𝑎.

𝗨𝗟𝗠𝗪𝗣

United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) lahir sebagai sikap persatuan bangsa Papua pada tahun 2014 melalui deklarasi saralana di Port Vila, Vanuatu. Sejumlah elemen perjuangan kemerdekaan West Papua hadir dan nyatakan sikap bersatu melalui (3) wadah besar yakni; Parlemen Nasional West Papua (PNWP), West Papua National Coalition Liberation (WPNCL) dan Negara Republik Papua Barat (NRFPB).

Pasca deklarasi 2014, KTT berikut ULMWP digelar 2017 di Port Vila, sesuai dengan agenda Dewan Komite ULMWP, restrukturisasi terjadi serta dianutlah sistem trias political sebagai pilar pondasi rumah bangsa Papua, dimana di dalamnya terdapat Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

Demikian sekilas untuk hari ini, 5 April 2020, damai Tuhan beserta kita, Salam – 𝑶𝒏𝒆 𝑷𝒆𝒐𝒑𝒍𝒆 𝑶𝒏𝒆 𝑺𝒐𝒖𝒍 – Selamat ulang tahun, Dewan Nugini 🎂🎊🎉

𝗨𝗻𝗶𝘁𝗲𝗱 𝗟𝗶𝗯𝗲𝗿𝗮𝘁𝗶𝗼𝗻 𝗠𝗼𝘃𝗲𝗺𝗲𝗻𝘁 𝗳𝗼𝗿 𝗪𝗲𝘀𝘁 𝗣𝗮𝗽𝘂𝗮
𝗕𝗔𝗭𝗢𝗞𝗔 𝗟𝗢𝗚𝗢
𝘒𝘦𝘱𝘢𝘭𝘢 𝘉𝘪𝘳𝘰 𝘗𝘰𝘭𝘪𝘵𝘪𝘬 𝘜𝘓𝘔𝘞𝘗

Posted by: Admin
Copyright ©Bazoka Logo (fb) “sumber”
Hubungi kami di E-Mail ✉: tabloid.wani@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.