Dark
Light
Today: June 20, 2024
1 year ago
14 views

Rapim Organisasi KNPB Sentani Menetapkan Agenda Politik dan Organisasi


Foto: Pimpinan rapat Rapim KNPB wilayah Sentani.

SENTANI | Rapat Pimpinan (RAPIM) organisasi Komite Nasional Papua Barat KNPB Sentani Sukses memutuskan agenda kerja politik dan agenda kerja organisasi.  Dalam rapat tersebut juga memutuskan beberapa agenda kerja yang menjadi fokus perhatian kita dalam tahun ini maupun tahun depan, baik itu agenda kerja Jangka Pendek, jangka menengah maupun jangka panjang, Sentani 31 Mei 2023/Provinsi Papua.

Rapat tersebut berhasil di lakukan karena berkat kerja sama yang baik dari seluruh anggota KNPB Sentani maupun Badan pengurus pusat, dan juga kegiatan tersebut melibatkan beberapa sektor KNPB yang aktif bergerak di wilayah Tabi/Mamta, peserta rapat sangat antusias mengikuti dan memutuskan agenda bersama-sama sampai selesai.
Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Adalah media Rakyat bangsa Papua, KNPB pusat di bentuk pada tanggal 19 November 2008 di Aula STT Walter Post  7 Sentani. Sedangkan KNPB Wilayah Sentani di bentuk pada waktu yang sama yaitu di sekretariat Purwodadi/Sentani/Jayapura/provinsi Papua
Komite Nasional Papua Barat lahir sebagai Media rakyat bangsa Papua, untuk memediasi aspirasi rakyat demi terwujudnya hak penentuan nasib sendiri melalui (Referendum) bagi bangsa Papua barat. KNPB tidak hanya memediasi rakyat, KNPB juga sebagai media yang telah mendorong proses penyatuan Sipil maupun sayap militer di seluruh tanah Papua berdasarkan kongres KNPB pertama pada tahun 2008 lalu.
United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) adalah salah satu hasil proses penyatuan bangsa Papua, yang telah di dorong oleh KNPB. Setelah lahirnya ULMWP, KNPB berlaku sebagai eksekutor lapangan di  seluruh wilayah West Papua. Kurang lebih 8 tahun KNPB Sentani  membackup ULMWP,   kini KNPB melakukan Rapat Pimpinan (RAPIM) di Wilayah Sentani
KNPB Sentani melihat situasi Di West Papua, yang begitu banyak berjatuhan nyawa manusia, pengungsian pemenjaraan, pembungkaman ruang demokrasi, perampasan hak adat, pemerkosaan atas nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di West Papua.
Maka KNPB Sentani berhasil memutuskan 6  agenda politik sbb: Yang pertama, KNPB Sentani akan terus berlaku sebagai Media bangsa Papua, dan siap memediasi setiap gerakan perjuangan bersama seluruh lapisan rakyat untuk hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua.
Yang kedua, Kami KNPB Sentani akan mempertanggung jawabkan setiap kerja-kerja Organisasi & politik kepada pengurus pusat dan kepada seluruh rakyat Bangsa West Papua dari sorong-merauke.
Yang ketiga, Kami mendukung Pemerintah Sementara United Liberation Movement For West Papua di bawah kepemimpinan Hon. Benny Wenda dan seluruh kebijakannya.
Yang keempat, Kami, KNPB Bersama rakyat  Bangsa Papua mendukung  penuh dan Siap Mobilisasi Umum untuk United Liberation Movement For West Papua (ULMWP) menjadi anggota full membership di  Melanesia Sperhead Group (MSG). pada Tahun ini.
Yang ke lima, Kami Rakyat West Papua juga Mendesak kunjungan Dewan Komisioner HAM PBB Segera Ke West Papua, untuk Investigasi Pelanggaran HAM masa Lalu dan Sekarang.
Yang ke enam, Kami Rakyat West Papua Siap Gelar Referendum Berdasarkan Mekanisme PBB/ Internasional.
Sementara itu Pengurus KNPB Sentani Tuan Vino Bahabol mengatakan bahwa apapun alasan kami siap eksekusi agenda taktik maupun strategis yang di dorong oleh United Libaration Movement for West Papua (ULMWP) di sela-sela kegiatan pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.