Dark
Light
Today: June 20, 2024
7 months ago
28 views

Forum Rakyat West Papua Menuntut Melahirkan Badang Kongres

Foto: Aksi demonstrasi damai rakyat West Papua dari 7 wilayah melalui Forum Rakyat West Papua di Jayapura, 7 November 2023.

JAYAPURA | Badan Kongres atau Kongres adalah sebuah badan legislatif yang terdapat di berbagai negara, terutama dalam sistem pemerintahan demokratis. Kongres memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi-fungsi legislatif, yaitu membuat undang-undang, mengawasi pemerintahan, dan mewakili kepentingan rakyat. Ada beberapa alasan mengapa Kongres harus dilakukan:

  • Pembuatan Undang-Undan: Kongres memiliki peran utama dalam pembuatan undang-undang, yang merupakan instrumen hukum yang mengatur tata cara berfungsinya pemerintah, hak dan kewajiban warga negara, serta aspek-aspek lain dalam masyarakat. Undang-undang ini diperlukan untuk menciptakan kerangka kerja yang adil dan beradab bagi masyarakat.
  • Pemeriksaan dan Pengawasan Pemerintah: Kongres memiliki tugas untuk mengawasi dan memeriksa tindakan pemerintah. Ini penting untuk memastikan bahwa pemerintah bertindak sesuai dengan hukum dan kebijakan yang telah ditetapkan.

Kongres juga memiliki wewenang untuk mengadakan penyelidikan terhadap tindakan-tindakan yang mencurigakan atau penyalahgunaan kekuasaan.
Representasi Rakyat: Kongres merupakan forum tempat wakil-wakil rakyat terpilih menggambarkan dan mewakili kepentingan rakyat. Dengan demikian, Kongres memainkan peran penting dalam memastikan bahwa suara dan aspirasi rakyat diwakili dalam proses pembuatan keputusan pemerintah.
lantas forum Rakyat West Papua menuntut badan kongres untuk di lahirkan supaya melakukan fungsi-fungsi legislatif, yaitu membuat undang-undang, mengawasi pemerintahan, dan mewakili kepentingan rakyat. sehingga di sini saya mau jelaskan bahwa, rakyatlah yang mengendalikan pemimpin ketika dia melanggar Undang-Undang, kedaulatan tertinggi adalah rakyat maka, rakyatlah yang menjadi subjek politik dan mengorganisir diri dari 7 wilaya adat atau teritorial West Papua dan mendesak untuk lakukan kongres Pemerintah sementara yang pertama supaya memilih dan memberhentikan dan mengamandemen suatu konstitusi
Apakah pemimpin ULMWP membuat kesalahan? benar, pemimpin ULMWP sudah melanggar konstitusi 2020 pemerintah Sementara ULMWP BAB II tentang Kongres pasal 5 : 1, 8 dan juga pengambilan keputusan tertinggi ada di dalam forum Kongres pasal 18:2 mengatakan sekali lagi bahwa pengambilan keputusan tertinggi adalah di dalam forum kongres, tetapi rakyat mempertanyakan KTT II ULMWP Mengubah isi dari pada konstitusi maka, itu adalah tindakan di luar hukum pemerintah sementara maka dengan tuntutan segera melakukan kongres supaya dapat legalkan semua regulasi dan pemimpin terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss