Dark
Light
Today: June 21, 2024
7 months ago
32 views

Rakyat Papua Siap Membiayai Kongres ULMWP ke-1

Foto: Panitia Kongres I ULMWP menerima Sumbangan Rakyat West Papua dan siap gelar Kongres dalam bulan ini, November 2023.

JAYAPURA | Rabu 15/11/23, Rakyat Papua di seluruh wilayah West Papua secara resmi memberikan sumbangan Dana kepada panitia Pusat terkait Kongres Ke I ULMWP (United
Liberation Movement for West Papua). Rakyat West Papua di 7 wilayah menunjukkan kesiapan mereka untuk membiayai kegiatan tersebut. Uang tersebut panitia baru menerima sekitar pukul 18:30 lewat di kesekretariatan panitia Pusat di Kamwolker Waena, sumbangan dana dari rakyat West Papua itu untuk menyelenggarakan Kongres. Sumber dana yang kami terima adalah dari 7 wilayah adat, jumlah keseluruhannya sementara Rp. 71.470.000 (Tujuh puluh satu juta empat ratus tujuh puluh Ribu Rupiah), rakyat West Papua dari Sorong sampai Merauke mulai melakukan penggalangan dana terhitung sejak 8 November sampai 15 November 2023.

Kuranglebih selama 1 minggu rakyat berpartisipasi dan siap memberikan kontribusi apapun guna mendukung terlaksananya Kongres I ULMWP. Panitia Kongres I ULMWP siap menggelar Kongres dengan biaya yang telah sumbang oleh rakyat dalam bulan November 2023. Kemudian kami sampaikan ucapan terima kasih banyak kepada rakyat atas partisipasi terhadap Kongres I ULMWP. Kongres I ULMWP akan berlangsung minggu depan di Port Numbay, tanah Tabi-West Papua.

Situasi ini dapat memberikan gambaran tentang tingginya kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mendorong agenda organisasi dan agenda politik dalam memajukan perjuangan kemerdekaan Papua. Antusias masyarakat dapat di lihat juga dari penggalangan dana dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kemudian panitia pusat dan wilayah bergerak cepat guna mempersiapkan segala kebutuhan dalam kongres ULMWP yang pertama di Jayapura. Panitia memberitahukan kepada seluruh rakyat di tujuh wilayah dari sorong sampai merauke untuk membiayai diri sendiri dan tidak mengharapkan siapapun.

Ketua panitia Kongres I ULMWP Bazoka Logo mengatakan bahwa rakyat dari sorong sampai merauke siap membiayai kongres untuk memilih dan mengangkat pemimpin yang mereka inginkan, bukan memilih diri sendiri lalu atur aman dengan kolonial, eksistensi perjuangan tidak bisa di permainkan oleh siapapun apa lagi bekerja sama dengan kolonial.

Kongres memerlukan biaya yang signifikan. Keterbatasan sumber daya finansial dapat menjadi hambatan serius dalam mengorganisir dan melaksanakan kegiatan tersebut. Adanya perbedaan pendapat atau perselisihan di antara anggota ULMWP sendiri dapat menghambat upaya bersama dan menyatukan visi untuk kemerdekaan tetapi komitmen kami sebagai panitia dan Para pemimpin ULMWP seta peserta kongres harus memiliki komitmen politik yang kuat terhadap tujuan kemerdekaan Papua Barat. Mereka perlu bersatu dan fokus pada perjuangan bersama melibatkan masyarakat secara luas dalam kongres adalah kunci kesuksesan. Membangun kesadaran dan dukungan dari masyarakat dapat meningkatkan legitimasi perjuangan kemerdekaan.
Dan juga Menjaga tingkat transparansi dan akuntabilitas yang tinggi dalam proses kongres adalah penting. Ini akan membangun kepercayaan masyarakat dan mendukung keberlanjutan gerakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss